Bursa Asia Akhir Pekan Hanya Naik Tipis, Dibatasi Perlambatan Inflasi Jepang

1710

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Asia ditutup naik tipis pada akhir pekan hari Jumat (22/03) masih terpengaruh kebijakan dovish Federal Reserve AS, namun perlambatan inflasi di Jepang dan penurunan proyeksi ekonomi AS oleh The Fed membatasi kenaikan.

Pasar China daratan positif. Indeks Shanghai naik sedikit menjadi sekitar 3.104,15. Indeks Shenzhen naik 0,203 persen menjadi sekitar 1.700,94.

Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup sekitar 0,14 persen lebih tinggi pada 29.113,36, dengan saham raksasa teknologi China Tencent naik 0,55 persen meskipun perusahaan melaporkan pertumbuhan laba tahunan paling lambat dalam 13 tahun.

Indeks Nikkei 225 Jepang ditutup sedikit lebih tinggi pada 21.627,34, dengan saham Softbank Group dan Fanuc masing-masing melonjak 2,73 persen dan 1,40 persen. Indeks Topix mengakhiri hari perdagangannya lebih tinggi 0,17 persen di 1,617.11.

Pergerakan di Tokyo terjadi setelah data pemerintah menunjukkan inflasi konsumen inti tahunan Jepang melambat di bulan Februari.

Indeks harga konsumen inti nasional (CPI), yang mencakup produk minyak tetapi tidak termasuk biaya makanan segar yang mudah menguap, naik 0,7 persen pada Februari dari tahun sebelumnya, data pemerintah menunjukkan pada hari Jumat, jatuh jauh dari perkiraan pasar median untuk kenaikan 0,8 persen.

Perlambatan dari kenaikan 0,8 persen di bulan Januari sebagian besar disebabkan oleh penurunan 1,3 persen dalam harga bensin, yang merupakan penurunan tahun ke tahun pertama sejak November 2016, data menunjukkan.

Bank of Japan telah memperjuangkan tingkat inflasi yang rendah selama bertahun-tahun, dengan tingkat target 2 persen tetap sulit dicapai meskipun upaya untuk mempercepat pertumbuhan harga.

Di Korea Selatan, indeks Kospi ditutup sedikit lebih tinggi pada 2.186,95. Saham teknologi Samsung Electronics dan pembuat chip SK Hynix melihat saham mereka masing-masing naik 1,53 persen dan 0,26 persen.

Sedangkan indeks ASX 200 Australia naik 0,45 persen menjadi ditutup pada 6.195,20, dengan sebagian besar sektor lebih tinggi.

Bursa saham di Amerika Serikat menguat semalam, didorong oleh kenaikan di sektor teknologi dan pernyataan kebijakan terbaru dari The Fed.

Pada hari Rabu, The Fed mengatakan tidak mengharapkan untuk menaikkan suku sama sekali pada tahun 2019. Bank sentral memperkirakan setidaknya dua kenaikan suku bunga untuk tahun ini kembali pada bulan Desember. The Fed menambahkan bahwa mereka mengharapkan untuk mengakhiri proses pengurangan neraca pada akhir September.

Bank sentral AS juga menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi untuk 2019, meningkatkan kekhawatiran atas kemungkinan perlambatan ekonomi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan melihat pergerakan bursa Wall Street, yang akan mencermati data Markit PMI Composite, Manufacturing dan Service bulan Maret, juga data Existing Home Sales Februari.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here