Bursa Asia Sedang Cetak Untung Besar, Keuntungan Bursa Australia Dipangkas

547

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham bursa kawasan Asia Pasifik hari Selasa (02/04) melonjak dalam perdagangan bursa utama  setelah keuntungan yang lumayan dikumpulkan saham di Wall Street semalam. Sentimen posiif pasar masih dikuasai oleh meredanya kekhawatiran atas kemungkinan perlambatan ekonomi global.

Di bursa saham China, indeks komposit Shanghai sedang bergerak menguat 2,52  persen dan  indeks Hang Seng di bursa saham Hong Kong mencetak penguatan 0,11 persen setelah awal perdagangan sempat naik signifikan.

Indeks Nikkei 225 di bursa saham  Jepang naik 0,23 persen dengan dukungan dukungan kuatnya saham eksportir utama  karena pelemahan yen. Seperti saham Mitsubishi Electric memperoleh kenaikan lebih dari 2 persen, saham Panasonic naik lebih dari 1 persen, Canon lebih tinggi 0,4 persen.

Di bursa saham Korea Selatan, indeks Kospi dibuka menguat signfikan dan kini alami kenaikan 0,28 persen dengan dukungan saham industri kelas berat Samsung Electronics yang mendapat keuntungan lebih dari 1 persen.

Untuk perdagangan saham dikawasan Pasifik setelah dibuka menguat signfikan untuk  bursa Australia, kini jelang penutupan anjlok ke zona merah dengan penurunan indeks ASX 200 0,10 persen. Namun untuk  bursa Selandia Baru masih bertahan di posisi rekor tinggi dengan kenaikan indeks NZX 50 hingga 0,76 persen.

Untuk perdagangan bursa saham Indonesia di bursa Jakarta mendapat angin kekuatan setelah perdagangan sebelumnya ditutup lemah, kini indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat  0,24 persen ke posisi 6467.79. Tekanan kuat indeks dipicu oleh kuatnya saham-saham unggulan sektor agri dan aneka industri.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here