Saham Asuransi Sumbang Keuntungan Bursa Eropa

761

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa hari Selasa (02/04) yang dibuka sebagian rendah, bergerak kuat imbas kinerja manufaktur AS dan China yang lebih kuat dari yang diperkirakan meredakan kekhawatiran terhadap ekonomi global.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sekitar 0,04 persen dari perdagangan sebelumnya dengan semua bursa dan sektor utama bergerak mixed. Indeks  CAC 40 Prancis naik 0,07 persen dan FTSE 100  naik 0,56 persen, namun indeks DAX Jerman sedang menguat 0,12 persen.

Saham-saham yang menunjukkan performa yang lumayan seperti saham asuransi dan makanan&minuman Eropa yang memimpin kenaikan dari awal sesi,diperdagangkan naik sekitar 0,3 persen.

Sementara itu saham Coca-Cola Hellenic melonjak menuju puncak benchmark Eropa setelah Barclays menyatakan saham perusahaan minuman ringan kemasan botol sebagai salah satu saham favoritnya. Saham yang terdaftar di bursa London naik hampir 2 persen.

Saham penyedia layanan IT Prancis Atos merosot ke bagian bawah indeks, setelah Berenberg memotong rekomendasi sahamnya untuk menjual dari menahan. Saham-saham yang terdaftar di bursa Paris turun lebih dari 4 persen merespon berita tersebut.

Fokus pasar masih mengamati Brexit, British House of Commons kembali menimbulkan kekacauan politik ketika anggota parlemen (MP) menolak semua empat proposal Brexit. Insiden ini adalah yang kedua setelah anggota parlemen menolak tujuh gerakan awal selama pekan lalu. Dengan hampir sebelas hari tersisa untuk waktu resmi Brexit, investor khawatir tidak ada kesepakatan antara kedua pihak.

Untuk katalis penggerak sentimen dari kalender ekonomi Eropa, investor akan mengamati rilis data konstruksi PMI Inggris yang juga dapat menggerakkan pasar di London dan di kawasan  euro diperkirakan akan mempublikasikan data tingkat pengangguran untuk bulan Februari.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa awal pekan  ditutup menguat  di tengah optimisme tentang pembicaraan perdagangan AS-China. Indeks Pan  Eropa Stoxx 600 melonjak 1,2 persen dengan indeks DAX Jerman naik 1,4 persen, indeks CAC 40 Prancis melonjak 1 persen dan FTSE AS naik setengah persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here