Bursa Eropa Tidak Sanggup Keluar dari Tekanan Perang Dagang AS-China

747

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa awal pekan pada perdagangan hari Senin (13/05) tidak dapat bertahan seperti yang terjadi pada perdagangan akhir pekan lalu melawan tekanan sentimen ketegangan perang dagang AS – China. Indeks bursa utama alami tekanan jual yang cukup signifikan di tengah penantian perkembangan perang dagang tersebut.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun sekitar 0,5% dengan saham sektor makanan dan minuman menjadi sektor terkuat, sementara saham mobil mengalami pukulan dengan anjlok lebih dari 1,5% pada awal perdagangan. Indeks CAC 40 Perancis turun 0,87 persen, indeks DAX Jerman turun sebesar 0,58% dan indeks FTSE di  bursa saham Inggris anjlok 0,79 persen

Hasil pembicaraan baru-baru ini di Washington antara negosiator AS dan Cina menghasilkan sedikit optimisme dan banyak kehati-hatian. Meskipun pembicaraan akan dilanjutkan di Beijing dengan belum ada tanggalnya, pemerintah AS dapat mengenakan tarif pada semua impor produk China pada awal Agustus jika China tidak membuat beberapa konsesi.

Berita koorporasi hari ini di Eropa, E. On dan Centrica adalah dua perusahaan terkemuka yang melaporkan pendapatan pada hari Senin. E.On melaporkan bahwa laba disesuaikan kuartal pertama sebelum bunga dan pajak (EBIT) telah menurun 8% menjadi 1,67 miliar euro ($ 1,88 miliar), mengalahkan perkiraan rata-rata 1,64 miliar  sehingga  kenaikan harga sahamnya sebesar 0,5%.

Sementara itu, pemasok energi terbesar di Inggris, Centrica  alami kenaikan saham 1,7% setelah bel setelah perusahaan melaporkan pendapatan kotor naik 54% dalam empat bulan pertama tahun 2019, dan perusahaan mempertahankan panduan setahun penuhnya sekalipun  menghadapi tantangan perdagangan yang menantang untuk paruh pertama tahun ini karena pembatasan harga energi nasional, cuaca yang lebih hangat, dan harga gas AS yang lemah.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa akhir pekan lalu berakhir sebagian besar lebih tinggi  meskipun AS meningkatkan tarif lebih pada $200 miliar barang China. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,3 persen dengan indeks DAX Jerman naik 0,7 persen dan indeks CAC 40 Prancis naik 0,3 persen sementara FTSE 100 tergelincir 0,1 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here