Bursa Eropa Bergerak Kuat Ditopang Penguatan Saham Teknologi

735

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa pada perdagangan hari Rabu (22/05) dibuka lebih kuat dari perdagangan sebelumnya, namun terpantau diperdagangkan hati-hati  karena investor memantau meningkatnya keterlibatan raksasa teknologi dalam perang perdagangan AS-China.

Indeks Pan-European STOXX 600 diperdagangkan di sekitar garis flat dengan penurunan 0,08%.Saham sektor telekomunikasi menunjukkan penurunan 0,4% sementara saham sektor teknologi memimpin kenaikan dengan naik 0,5%. Indeks CAC 40 Perancis turun 0,56 persen, indeks DAX Jerman turun sebesar 0,79% dan indeks FTSE di Inggris turun 0,47%.

Berita saham lokal, saham pemberi pinjaman Jerman Commerzbank anjlok 1 persen lebih dimana hari ini perusahaan akan mengadakan RUPS  menyusul gagalnya pembicaraan merger dengan saingan domestik Deutsche Bank.

Di bursa saham Inggris, saham pengecer  Marks & Spencer anjlok 5 persen setelah melaporkan hasil setahun penuh laba naik namun berencana untuk meluncurkan right issue £601,3 juta. Saham manajer aset Inggris, Intermediate Capital Group adalah pemain terkuat di awal perdagangan, sahamnya naik 7% setelah hasil setahun penuh menunjukkan kenaikan 29% dalam aset yang dikelola.

Saham IG Group naik 5,5% setelah meluncurkan rencana untuk mendorong pertumbuhan, meskipun memperkirakan penurunan tajam dalam pendapatan perdagangan bersih setahun penuh dan laba operasi.

Berita dari Eropa, Perdana Menteri Theresa May berusaha untuk memecahkan kebuntuan Brexit dengan oposisi utama Partai Buruh dan anggota parlemen Uni-Eropa, menawarkan anggota Parlemen melakukan pemungutan suara tentang apakah akan mengadakan referendum lain jika mereka mendukung RUU Brexit-nya. Namun juru bicara partai Buruh Brexit menyarankan Perdana Menteri  harus mengakui kekalahan daripada mengembalikan kesepakatan Brexit pada pemungutan suara keempat.

Sebagai informasi, perdagangan bursa Eropa sebelumnya ditutup lebih tinggi karena ketegangan sedikit berkurang dalam perang dagang yang meningkat antara AS dan China. Sehingga membuat Indeks Pan-European Stoxx 600 menguat 0,50 persen. Indeks DAX Jerman naik 0,9 persen, indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen dan FTSE 100  naik 0,3 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here