Non Farm Payrolls AS Bulan Mei Melambat Tajam

1604

(Vibiznews – Economy & Business) Pertumbuhan pekerjaan AS melambat tajam pada bulan Mei dan upah naik kurang dari yang diharapkan, yang dapat meningkatkan permintaan Federal Reserve untuk memangkas suku bunga tahun ini.

Penurunan dalam Non Farm Payrolls yang dilaporkan oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat bahkan sebelum peningkatan baru-baru ini dalam ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan dua mitra dagang utamanya, China dan Meksiko. Para ekonom telah memperingatkan bahwa pertarungan perdagangan dapat merusak ekonomi.

Presiden AS Donald Trump pada awal Mei mengenakan tarif tambahan hingga 25% pada $ 200 miliar barang-barang China, yang mendorong pembalasan oleh Beijing.

Pekan lalu, Trump mengatakan ia akan mengenakan tarif pada semua barang dari Meksiko dalam upaya untuk membendung gelombang migran melintasi perbatasan AS-Meksiko. Pembicaraan sedang berlangsung untuk mencegah tarif dikenakan 5% pada 10 Juni.

Non Farm Payrolls meningkat 75.000 pekerjaan bulan lalu, pemerintah mengatakan dalam laporan ketenagakerjaan yang diawasi ketat, jatuh di bawah sekitar 100.000 yang dibutuhkan per bulan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Ekonomi menciptakan 75.000 pekerjaan lebih sedikit pada bulan Maret dan April daripada yang dilaporkan sebelumnya. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan gaji naik 185.000 pekerjaan bulan lalu.

Pertumbuhan pekerjaan yang mengecewakan bulan Mei ditandai oleh laporan pada hari Rabu dari perusahaan pemrosesan daftar gaji ADP yang menunjukkan kenaikan terkecil dalam gaji swasta dalam sembilan tahun bulan lalu. Laporan lain minggu ini menunjukkan penurunan iklan online oleh bisnis yang mencari bantuan.

Pertumbuhan upah bulanan tetap moderat di bulan Mei, dengan pendapatan per jam rata-rata naik enam sen, atau 0,2% mengikuti kenaikan serupa di bulan April. Itu menurunkan kenaikan upah tahunan menjadi 3,1% dari 3,2% pada bulan April. Minggu kerja rata-rata tidak berubah pada 34,4 jam bulan lalu.

Moderasi dalam kenaikan upah jika berkelanjutan dapat menimbulkan keraguan pada optimisme The Fed bahwa inflasi akan kembali ke target 2% bank sentral AS. Pasar keuangan memperkirakan dua pemotongan suku bunga tahun ini.

Laporan ketenagakerjaan yang hangat ditambahkan ke data lemah pada pengeluaran konsumen, investasi bisnis, manufaktur dan penjualan rumah dalam menyarankan ekonomi kehilangan momentum pada kuartal kedua setelah dorongan sementara dari ekspor, akumulasi inventaris dan pengeluaran pertahanan. Pertumbuhan mendingin karena stimulus besar-besaran dari pemotongan pajak tahun lalu dan peningkatan pengeluaran memudar.

Tingkat pengangguran tetap mendekati level terendah 50 tahun di 3,6% di bulan Mei. Tingkat pengangguran sebagian didorong oleh pekerja yang keluar dari angkatan kerja selama empat bulan terakhir.

Pekerjaan manufaktur akan diawasi dengan ketat untuk tanda-tanda dampak tarif terhadap ekonomi. Produksi pabrik telah lemah dan sentimen turun ke level terendah 31-bulan pada Mei, dengan sebagian besar produsen khawatir tentang ketegangan perdagangan.

Pengusaha di sektor konstruksi mempekerjakan 4.000 pekerja pada bulan Mei. Daftar gaji pemerintah turun 15.000 pekerjaan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here