Bursa Eropa Berhati-hati dan Melemah Menunggu KTT G20

684

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa perdagangan hari Kamis (27/06) retreat dari posisi perdagangan sebelumnya  karena kehati-hatian investor menjelang pertemuan akhir pekan ini antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di KTT G20. Sentimen diatas terindikasi dari pemberitaan media China yang mengutip beberapa sumber bahwa kedua negara telah menyetujui gencatan senjata.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 turun 0,2 persen pada 381,60 setelah menurun 0,3 persen pada sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman sedikit lebih rendah, indeks CAC 40 Prancis turun setengah persen dan FTSE 100   bergerak turun 0,4 persen.

Saham pengecer Swedia Hennes & Mauritz AB melonjak lebih dari 9 persen setelah angka penjualan bulan Juni melampaui perkiraan. Perusahaan juga membukukan hasil yang kuat untuk kuartal kedua. Saham pembuat bahan makanan Denmark Chr Hansen merosot 12 persen setelah memangkas prospek penjualan untuk tahun ini.

Saham raksasa bahan kimia Jerman, Bayer, melonjak 7,5 persen setelah mengatakan telah menyewa pengacara eksternal dan membentuk komite untuk menyelesaikan masalah litigasi bernilai miliaran dolar.

Saham Vodafone naik 1,6 persen di tengah laporan bahwa pihaknya akan mengamankan persetujuan antimonopoli UE atas tawaran $ 22 miliar untuk jaringan kabel Liberty Global di Eropa Tengah. Saham pengecer perbaikan rumah, Kingfisher, naik 2,7 persen setelah menunjuk Thierry Garnier sebagai chief executive officer baru, menggantikan Véronique Laury.

Dalam rilis ekonomi, sentimen ekonomi zona euro memburuk lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juni, data survei dari Komisi Eropa menunjukkan. Indeks  turun menjadi 103,3 pada Juni dari 105,2 pada Mei. Skor itu diperkirakan jatuh ke 104,7.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here