Bursa Eropa Melambung Tinggi Karena Ketua IMF Akan Jadi Ketua ECB

744

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa perdagangan hari Rabu (03/07) bergerak kuat cukup signifikan hingga mencapai level tertinggi dua bulan  setelah Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dinominasikan sebagai presiden Bank Sentral Eropa.

Dia diharapkan  dovish pada kebijakan moneter sambil menekan otoritas fiskal untuk memainkan peran yang lebih aktif dalam mempromosikan pertumbuhan. Lagarde akan menggantikan Mario Draghi ketika masa jabatannya berakhir pada akhir Oktober.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,8 persen pada 392,31 setelah naik 0,4 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman dan FTSE 100   naik sekitar 0,8 persen, sementara indeks CAC 40 Prancis naik 0,7 persen

Saham pembuat aksesoris komputer Swiss Logitech International naik 1,4 persen setelah mengumumkan sejumlah proposal, termasuk pemilihan Wendy Becker sebagai ketua baru Dewan setelah pertemuan umum tahunan 2019.

Saham pembuat chip  Siltronic anjlok 2,6 persen di tengah berita bahwa staf penegakan Departemen Perdagangan AS diberitahu minggu ini bahwa Huawei China masih harus diperlakukan sebagai daftar hitam.

Saham Deutsche Bank turun 0,7 persen oleh pemberitaan  perusahaan telah mengadakan pembicaraan dengan Citigroup, BNP Paribas dan lainnya tentang kemungkinan transfer bagian dari bisnis ekuitasnya.

Saham peritel Inggris JD Sports Fashion melonjak lebih dari 3 persen setelah pembaruan perdagangan positif untuk periode yang berakhir 29 Juni. Depresiasi terkait Brexit dalam pound membantu mengangkat saham eksportir, dengan saham British American Tobacco naik sebanyak 2,6 persen. Imperial Brands naik 1,8 persen dan AstraZeneca bertambah 1,3 persen.

Dalam rilis ekonomi, investor mengabaikan data dari IHS Markit yang menunjukkan bahwa aktivitas sektor layanan Inggris bergerak mendekati stagnasi pada Juni. Indeks  IHS Markit /Chartered Institute of Procurement & Supply Services Purchasing Managers turun menjadi 50,2 di Juni dari 51,0 di Mei.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here