Keuntungan Saham di Bursa Eropa Awal Pekan Berlanjut

735

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa awal pekan menguat pada perdagangan hari Senin (22/07) melanjutkan rally pekan lalu ditengah pudarnya harapan untuk penurunan suku bunga Fed yang agresif pada bulan Juli, sementara itu investor sekarang menunggu hasil pemilihan PM Inggris hari Selasa dan pertemuan ECB hari Kamis.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,1 persen menjadi 387,68 setelah naik 0,1 persen pada hari Jumat. Indeks DAX Jerman dan CAC 40 Prancis bergerak naik sekitar 0,2 persen, sementara FTSE 100 Inggris naik 0,4 persen.

Secara sektoral saham sumber daya dasar memimpin kenaikan dengan kenaikan 0,7% sementara saham asuransi, utilitas, telekomunikasi dan saham media semuanya turun 0,4%.

Saham Philips Electronics NV naik 4,5 persen di bursa Amsterdam setelah raksasa elektronik konsumen Belanda melaporkan laba yang jauh lebih tinggi pada kuartal kedua.

Saham Bank swasta Swiss Julius Baer menguat 3 persen setelah melaporkan penurunan laba semester pertama, namun aktivitas klien dan penilaian aset telah pulih secara substansial dibandingkan dengan paruh kedua 2018.

Saham minyak Royal Dutch Shell naik lebih dari 1 persen, BP Plc menguat 1,7 persen dan Tullow Oil melonjak 2,3 persen karena harga minyak naik lebih dari 2 persen.

Saham Metro Bank naik 4,7 persen setelah berita perusahaan yang bermasalah mengkonfirmasi laporan media bahwa mereka sedang dalam pembicaraan mengenai potensi penjualan portofolio pinjaman.

Dari sisi data ekonomi, di Inggris dilaporkan indeks keuangan rumah tangga utama naik untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Juli, menjadi 44,3 dari 43,9 di bulan Juni. Skor tersebut mengisyaratkan tingkat pesimisme terlemah di antara rumah tangga terhadap keuangan mereka sejak Januari.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here