Bursa Eropa Awal Pekan Retreat, Hanya Bursa Inggris Yang Kuat

696

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa awal pekan pada perdagangan hari Senin (29/07) retreat oleh profit taking pasar dari posisi kuat akhir pekan lalu, meskipun perdagangan saham di bursa Inggris rebound cukup kuat.  Bursa saham London melaju kencang di tengah anjloknya kurs poundsterling ke posisi terendah 2 tahun setelah pemerintah meningkatkan persiapan untuk Brexit tanpa kesepakatan pada bulan Oktober.

Poundsterling ambruk  terhadap dolar setelah Kanselir Sajid Javid mengatakan dia akan mengumumkan adanya pengeluaran mendesak untuk mempersiapkan Brexit tanpa kesepakatan pada Oktober.31.

Perhatian pasar juga tertuju di luar Eropa seperti rencana untuk pembicaraan lebih lanjut negoisasi dagang China-AS  serta pertemuan kebijakan moneter Federal Reserve tengah minggu. The Fed diperkirakan akan mengumumkan penurunan suku bunga sebesar 25 bps, sehingga target suku bunga dana Fed menjadi 2-2,25 persen.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 sedikit lebih tinggi di 390,89 setelah naik 0,3 persen pada hari Jumat. Indeks DAX Jerman kehilangan 0,2 persen dan indeks CAC 40 Prancis bergerak turun 0,3 persen sementara FTSE 100  naik lebih dari 1 persen.

Saham obat utama Swiss Novartis turun 1,6 persen setelah perusahaan mengumumkan bahwa studi global Fase III PARAGON-HF pada pasien gagal jantung dengan fraksi ejeksi yang diawetkan atau HFpEF nyaris tidak bermakna secara statistik untuk titik akhir primer kompositnya.

Saham pembuat bir terbesar kedua di dunia Heineken N.V.  merosot 5,5 persen setelah laba semester pertama yang dilaporkan meleset dari perkiraan. Saham
Just Eat melonjak 26 persen dan Takeaway.com menguat 3,2 persen di bursa Inggris setelah mereka mencapai kesepakatan secara prinsip tentang syarat-syarat utama dari kombinasi semua saham yang mungkin.

Saham Deutsche Boerse AG turun 2,1 persen setelah pemilik  bursa Jerman mengatakan bahwa dia tidak berharap diskusi dengan Refinitiv Holdings tentang potensi pembelian unit bisnis FX tertentu berhasil diselesaikan.

Saham perusahaan teknologi medis Siemens Healthineers melonjak 5,8 persen setelah melaporkan kenaikan laba bersih kuartal ketiga 20 persen dan mengkonfirmasikan prospek keuntungan sepanjang tahun 2019.

Sanofi menguat 2,5 persen. Perusahaan farmasi Prancis merevisi panduannya untuk pertumbuhan EPS bisnis setahun penuh menjadi sekitar 5 persen setelah mencatat kinerja bisnis yang solid pada kuartal kedua, dipimpin oleh peluncuran Dupixent yang kuat yang didorong oleh percepatan penyerapan dermatitis atopi dan asma di AS.

Saham London Stock Exchange Group melonjak hampir 15 persen setelah operator bursa tersebut  mengkonfirmasi bahwa dalam diskusi untuk membeli Refinitiv, data keuangan dan penyedia platform perdagangan, dengan total nilai perusahaan sekitar $ 27 miliar.

Saham perusahaan pengembangan dan investasi properti Hammerson turun 1,5 persen karena melaporkan kerugian semester pertama sebelum pajak sebesar 319,2 juta pound dibandingkan dengan laba 55,8 juta pound, tahun sebelumnya.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here