Poundsterling Merosot Terendah 3 Tahun

1269

(Vibiznews – Forex) Poundsterling merosot di bawah $ 1,20 pada hari Selasa (03/09) ke level terlemah dalam tiga tahun, karena ultimatum tersirat dari Perdana Menteri Boris Johnson kepada anggota parlemen untuk mendukungnya di Brexit atau menghadapi pemilihan umum.

Pound, yang telah kehilangan 20% dari nilainya sejak Inggris memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa pada tahun 2016, jatuh ke level terendah $ 1,1959 GBP, turun hampir 1% pada hari itu.

Pedagang di London mengatakan bahwa ketidakpastian yang semakin tinggi membuat investor panik.

Banyak yang khawatir bahwa Inggris akan keluar dari blok pada 31 Oktober tanpa kesepakatan transisi untuk meredakan perceraian, atau menghadapi pemilihan parlemen yang akan menabur lebih banyak ketidakpastian pada saat ekonomi sedang berjuang.

Perselisihan Brexit akan mencapai puncaknya minggu ini. Johnson pada hari Senin secara implisit memperingatkan para anggota parlemen bahwa ia akan mengusahakan pemilihan jika mereka menghambat Brexit.

Anggota parlemen akan memberikan suara pada hari Selasa pada tahap pertama dari rencana mereka untuk memblokir Johnson dari mengejar Brexit tanpa kesepakatan menjelang batas waktu 31 Oktober.

Pedagang mengatakan volume sterling yang ditransaksikan pada hari Selasa lebih besar dari biasanya tetapi tidak besar mengingat drama politik.

Menambah kekhawatiran tentang ekonomi Inggris, perusahaan konstruksi menderita penurunan paling tajam dalam pesanan baru sejak kedalaman krisis keuangan bulan lalu, Indeks IHS Markit / CIPS Inggris Konstruksi terbaru menunjukkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan poundsterling berpotensi terus melemah dengan perselisihan politik Inggris, dimana muncul spekulasi Boris Johnson akan menyelenggarakan pemilu jika anggota parlemen menolak Brexit tanpa kesepakatan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here