Bursa Asia Dominan Positif; Bursa Hong Kong Melonjak 4 Persen

949

(Vibiznews-Index) Bursa Asia berakhir sebagian besar positif pada Rabu (04/09). Saham-saham  Hong Kong melonjak hampir 4%  menyusul berita bahwa RUU ekstradisi yang kontroversial akan ditarik.

Pada penutupan pasar, indeks Hang Seng melonjak 3,9% menjadi 26.523,23, memangkas beberapa kenaikan setelah melonjak setinggi lebih dari 4% sebelumnya.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam dilaporkan akan mengumumkan penarikan RUU ekstradisi yang kontroversial yang telah memicu protes berbulan-bulan dan meredam sentimen investor.

Menurut South China Morning Post dan laporan media lokal lainnya, Lam akan membuat pengumuman pada hari Rabu. Sumber CNBC mengonfirmasi bahwa Lam akan menyerukan pertemuan darurat dengan pendukung pro-Beijing pada hari Rabu, tetapi agenda belum dikonfirmasi.

Saham perusahaan yang mendapat sorotan di tengah gejolak di Hong Kong juga meroket menyusul laporan tersebut.

Operator kereta api MTR, yang telah dilanda gangguan dalam operasinya dan kerusakan infrastrukturnya, melonjak 6,4%. Maskapai yang Cathay Pacific juga melihat sahamnya melonjak 7,21%, dengan CEO perusahaan mengundurkan diri pada pertengahan Agustus di tengah tekanan politik dari Beijing setelah salah satu pilotnya ditemukan ikut serta dalam protes yang sedang berlangsung di Hong Kong.

Saham China Daratan juga mengalami kenaikan, dengan indeks Shanghai naik 0,93% menjadi sekitar 2.957,41 sedangkan indeks Shenzhen juga naik 0,67% menjadi sekitar 1,636.40.

Indeks Manajer Pembelian Layanan Caixin / Markit datang di 52,1 pada Agustus, tertinggi sejak Mei. Tanda 50 dalam pembacaan PMI memisahkan pertumbuhan dan kontraksi. Data resmi untuk Agustus dirilis selama akhir pekan menunjukkan aktivitas sektor jasa menguat untuk pertama kalinya dalam lima bulan pada bulan Agustus.

Di Jepang, indeks Nikkei 225 naik 0,12% menjadi ditutup pada 20.649,14 sementara indeks Topix turun 0,26% untuk mengakhiri hari perdagangannya di 1,506,81.

Indeks Kospi di Korea Selatan ditutup 1,16% lebih tinggi pada 1,988,53.

Sedangkan indeks ASX 200 di Australia ditutup 0,31% lebih rendah pada 6.553,00. Data yang dirilis Rabu menunjukkan ekonomi Australia naik seperti yang diharapkan selama kuartal kedua. Produk domestik bruto naik 0,5% kuartal ke kuartal atas dasar penyesuaian musiman, dan tumbuh 1,4% tahun-ke-tahun. Kedua angka tersebut sejalan dengan harapan dari jajak pendapat Reuters masing-masing.

Aktivitas pabrik AS menyusut semalam di Amerika Serikat, saham-saham di Wall Street jatuh pada hari perdagangan pertama mereka di bulan September. Dow Jones Industrial Average ditutup 285,26 poin lebih rendah pada 26.118,02 sementara S&P 500 turun 0,7% untuk mengakhiri hari di 2.906,27. Nasdaq Composite menarik kembali 1,1% menjadi 7.874,16.

Pergerakan ke bawah datang setelah data Institute for Supply Management mengatakan aktivitas manufaktur AS turun bulan lalu untuk pertama kalinya sejak awal 2016, memicu kekhawatiran potensi resesi di Amerika Serikat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia selanjutnya akan mencermati perkembangan perang dagang AS-China dan pergerakan bursa Wall Street malam ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here