Bursa Asia Mixed; Optimisme Brexit Beri Dukungan

768

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Asia Pasifik mixed pada penutupan hari Rabu (16/10) terbantu optimisme Brexit.

Indeks Nikkei 225 Jepang naik 1,20% menjadi 22.472,92. Sektor-sektor secara keseluruhan bekerja dengan baik, dengan otomotif, teknologi, dan ritel mengukir keuntungan signifikan.

Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,71% menjadi 2.082,83.

Bank sentral Korea Selatan memangkas suku bunganya untuk kedua kalinya dalam tiga bulan pada hari Rabu, seperti yang diperkirakan menyusul pemotongan pertama pada bulan Juli.

Saham China Daratan turun, dengan indeks Shanghai turun 0,41% menjadi ditutup pada 2.978,71 dan indeks Shenzhen menurun 0,40% menjadi 1.635,31.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 0,61% pada 26664.28, meskipun kerusuhan politik baru di kota, yang melihat pemimpin Carrie Lam dicela oleh anggota parlemen pro-demokrasi di parlemen.

Lam harus menyampaikan kebijakan tahunannya melalui video setelah diinterupsi dua kali. Fokus pidatonya adalah pada inisiatif tanah dan perumahan – dipandang sebagai tawaran untuk memulihkan kepercayaan di Hong Kong setelah berbulan-bulan protes anti-pemerintah yang telah mengurangi kepercayaan bisnis di kota itu.

Indeks ASX 200 Australia melonjak 1,27% menjadi 6.736,50. Subindex keuangan naik 1,51%, dengan bank melihat keuntungan.

Sementara itu, daftar pemberi pinjaman Australia Latitude Financial – yang akan menjadi IPO Australia terbesar tahun ini – telah dibatalkan. CEO Latitude mengatakan pada hari Rabu bahwa IPO ditarik karena investor tidak akan membayar harga yang mencerminkan nilainya.

Sementara itu, harapan Brexit didukung oleh berita bahwa Uni Eropa dan Inggris hampir mencapai kesepakatan. Sterling melonjak ke level tertinggi empat bulan setelah komentar optimis dari negosiator Eropa Michel Barnier, dengan laporan bahwa rancangan teks hukum sedang disusun.

Sterling terakhir di 1,2741 melawan dolar, naik dari terendah sebelumnya di 1,2736.

Tetapi analis mengatakan bahwa pasar bisa terlalu optimis, tidak memperhitungkan peringatan oleh Dana Moneter Internasional pada hari Selasa bahwa perang perdagangan AS-China akan memangkas pertumbuhan global 2019 ke laju paling lambat sejak krisis keuangan 2008-2009.

Dalam berita Hong Kong, sembilan bank terbesarnya akan bertemu dengan bank sentral de facto pada hari Rabu untuk membahas cara-cara untuk membantu perusahaan menemukan pembiayaan untuk bertahan dari penurunan yang diperkirakan, menurut laporan SCMP. Ekonomi kota telah merosot di tengah demonstrasi yang berlarut-larut yang telah berlangsung berbulan-bulan dan menjadi semakin keras.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Asia akan mencermati perkembangan Brexit dan perdagangan AS-China, yang jika muncul sentimen positif akan membantu bursa Asia. Namun gelombang protes di Hong Kong juga akan menjadi perhatian.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here