Optimisme Fase Satu Perjanjian Dagang AS – China Dorong Pasar China

644

(Vibiznews – Index) – Pasar China memantul pada Senin pagi, karena AS dan China tampaknya hampir menyelesaikan kesepakatan perdagangan “fase satu”. Komposit Shanghai naik 0,72%, sedangkan komposit Shenzhen melonjak hampir 1,46%. Indeks Hang Seng Hong Kong melambung 1,19%.

Pasar Asia Pasifik lainnya juga naik di pagi hari.Di Jepang, Nikkei 225 naik 0,36%, dan Kospi Korea Selatan naik 0,39%.
S & P / ASX 200 Australia datar. Penambang utama naik: Rio Tinto memangkas beberapa kenaikan sebelumnya untuk diperdagangkan naik hampir 0,52%, Fortescue Metals melonjak 1,98%, sementara BHP Billiton naik 0,95%.

Pasar di Singapura, India, Malaysia, dan Selandia Baru ditutup untuk liburan. Secara keseluruhan, indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang naik 0,50%.

Pemberi pinjaman terbesar di Eropa, HSBC, melaporkan laba sebelum pajak kuartal ketiga yang turun 18% YoY menjadi $ 4,8 miliar pada kuartal yang berakhir September. Namun, bank mengatakan laba sebelum pajak di Asia naik 4% dari tahun lalu, mencatat “kinerja ulet di Hong Kong.”

HSBC mendapatkan sebagian besar keuntungannya dari Hong Kong, yang telah dilanda kerusuhan selama berbulan-bulan. Kota ini menyumbang lebih dari setengah laba sebelum pajak bank pada semester pertama tahun ini. Saham HSBC jatuh 2,68% di sore hari.

Perusahaan asuransi AIA yang berbasis di Hong Kong, yang juga membukukan hasil pada hari Senin, mengatakan dalam sebuah pernyataan pihaknya telah dipengaruhi oleh “lingkungan operasi yang menantang, terutama dalam kaitannya dengan peristiwa terkini di Hong Kong.” Nilainya dari bisnis baru, yang melacak ekspektasi keuntungan dari premi baru, naik 1% menjadi $ 980 juta dalam tiga bulan hingga 30 September. Harga sahamnya melonjak 4,21% pada akhir pagi.

Sekretaris Keuangan kota Paul Chan mengatakan dalam sebuah posting blog pada hari Minggu, menurut laporan Reuters, bahwa Hong Kong sekarang dalam resesi dan itu “sangat sulit” untuk mencapai perkiraan awal pemerintah yaitu 0% hingga 1% pertumbuhan tahunan yang dibuat sebelum gelombang protes.

Chan menambahkan bahwa perkiraan awal untuk pertumbuhan kuartal ketiga pada hari Kamis akan menunjukkan dua kuartal kontraksi yang berturut-turut.

Pada front perdagangan AS-China, Kantor Perwakilan Perdagangan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa negara-negara telah “membuat kemajuan dalam isu-isu spesifik dan kedua belah pihak hampir menyelesaikan beberapa bagian dari perjanjian.”

Pada hari Sabtu, Kementerian Perdagangan China mengatakan kedua belah pihak telah sepakat untuk menangani masalah inti dengan baik, menurut laporan Reuters. Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan kedua belah pihak telah mengkonfirmasi bahwa AS akan mengimpor unggas yang dimasak dari China, sementara Beijing akan mencabut larangan impor unggas dari AS.

Awal bulan ini, Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan kedua belah pihak telah mencapai “kesepakatan fase satu yang sangat substansial,” dalam upaya mendorong untuk mengakhiri perselisihan yang telah menyebabkan beberapa putaran tarif ratusan miliar dolar masing-masing bernilai satu sama lain.

Nilai tukar yuan di pasar offshore menguat ke 7,0565 pada hari Senin sore di sekitar 12:38 p.m. HK / SIN, dari tertinggi 7,0768 minggu lalu sebelum perkembangan tersebut. Sementara nilai tukar yuan di pasar spot berada di 7.0585, turun dari tertinggi 7.0863 minggu lalu.

Sementara itu, perang perdagangan terus mengambil korban di China, dengan keuntungan di sektor industri negara itu jatuh 5,3% pada September tahun ke tahun, menurut data dari Biro Statistik Nasional pada hari Minggu.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, terakhir di 97,848, turun dari tertinggi sebelumnya di 97,872.

Yen Jepang diperdagangkan pada 108,76, menguat dari 108,78 yang terlihat sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6814, mengikuti terendah $ 0,6808 yang terlihat sebelumnya.

Harga minyak turun di sore hari selama jam Asia. Benchmark global, Brent, masih mempertahankan kenaikannya dari minggu sebelumnya, turun 0,23% menjadi $ 61,88 per barel. Minyak mentah AS naik 0,31% menjadi $ 56,48.

Selasti Panjaitan/Vibizmedia
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here