Bursa Saham Asia Bervariasi Pagi Ini Ditengah Ketidakpastian Perkembangan Perang Dagang AS-China

484

(Vibiznews – Index) – Saham-saham di Asia bervariasi dalam perdagangan Jumat pagi di tengah kekhawatiran baru atas potensi kesepakatan perdagangan jangka panjang antara China dan AS.

Nikkei 225 Jepang turun 0,79% pada awal perdagangan, sementara indeks Topix turun 0,6%. Saham perusahaan game Nintendo melonjak lebih dari 4%, setelah perusahaan pada Kamis mengumumkan laba kuartal kedua yang melebihi harapan.

Sementara itu, Kospi Korea Selatan naik 0,1%. S & P / ASX 200 di Australia tergelincir 0,26% karena sektor-sektor tersebut beragam.

Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia ex-Jepang diperdagangkan 0,16% lebih rendah.

Di Hong Kong, ESR Cayman akan melakukan debut publik pada hari Jumat, yang diharapkan menjadi IPO terbesar kedua untuk kota Hong Kong tahun ini. IPO ESR Cayman akan mengikuti IPO Budweiser APAC – terbesar kedua secara global tahun ini dan di Hong Kong pada bulan September.

Sebuah survei pribadi terhadap aktivitas pabrik di China diperkirakan akan dilakukan pada hari Jumat, dengan Caixin / Markit Purchasing Managers’s Index (PMI) untuk sektor manufaktur dijadwalkan keluar sekitar jam 9:45 pagi HK / SIN. Itu terjadi sehari setelah data resmi menunjukkan aktivitas manufaktur di China menyusut untuk bulan keenam berturut-turut pada bulan Oktober.

Ketakutan terhadap perkembangan perang dagang AS-China:
Investor akan mengawasi perkembangan perdagangan AS-China di tengah kegelisahan baru setelah Bloomberg News melaporkan Kamis, mengutip sumber-sumber, bahwa para pejabat China telah meragukan kemungkinan kesepakatan perdagangan jangka panjang dengan AS. Laporan itu menambahkan para pejabat China khawatir tentang “Sifat impulsif” Presiden AS Donald Trump dan risiko dia mundur dari segala jenis kesepakatan.

Perkembangan itu datang di tengah optimisme baru-baru ini untuk kesepakatan “fase satu” yang akan ditandatangani antara dua kekuatan ekonomi tersebut. Kesepakatan itu semula diharapkan akan ditandatangani pada pertemuan puncak November di Chili, suatu peristiwa yang sejak itu dibatalkan oleh negara itu karena protes anti-pemerintah yang sedang berlangsung.

Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Kamis kemarin, lokasi baru untuk menandatangani kesepakatan perdagangan “fase satu” dengan China “akan segera diumumkan.”

Beijing dan Washington telah terlibat dalam perang dagang sejak tahun 2018, dengan tarif telah ditukar dengan barang satu sama lain bernilai miliaran dolar.

Semalam di Wall Street, kegelisahan perdagangan mengirim saham di Wall Street lebih rendah. Dow Jones Industrial Average ditutup 140,46 poin lebih rendah pada 27.046,23 sementara S&P 500 turun 0,3% untuk mengakhiri hari perdagangannya di 3.037,56. Nasdaq Composite turun 0,1% menjadi ditutup pada 8.292,36.

Laporan pekerjaan Oktober untuk AS diperkirakan Jumat nanti di Amerika Serikat, diperkirakan sangat lemah karena pemogokan di General Motors. Ekonom memperkirakan bahwa hanya 75.000 pekerjaan diciptakan pada bulan Oktober, dan tingkat pengangguran diperkirakan sedikit naik menjadi 3,6% dari 3,5%, menurut Dow Jones.

Indeks dolar AS, yang melacak greenback terhadap sekeranjang rekan-rekannya, terakhir di 97,299 setelah tergelincir dari level di atas 97,4 kemarin.

Yen Jepang, sering dilihat sebagai mata uang “safe-haven” di saat ketidakpastian pasar, diperdagangkan pada 107,98 terhadap dolar setelah menguat dari level di atas 108,5 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia berpindah tangan pada $ 0,6889 setelah jatuh dari level di atas $ 0,692 yang terlihat kemarin.

Jadwal rilis data penting hari ini:
Cina: PMI Manufaktur Caixin / Markit pada jam 9:45 pagi HK / SIN
Jepang: Data Manufaktur PMI untuk Oktober pukul 8:30 pagi HK / SIN
India: PMI Manufaktur Nikkei / Markit untuk Oktober pukul 1:00 malam HK / SIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here