Akankah Trump Setujui RUU Pro Hong Kong Dari Kongres AS?; Kesepakatan Dagang Menjadi Pertimbangan

736

(Vibiznews – Economy & Business) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS meloloskan RUU hak asasi pro-Hong Kong pada hari Rabu, menempatkan Presiden Donald Trump dalam pertimbangan terkait pembicaraan perdagangan berisiko tinggi dengan China.

Kamar menyetujui tindakan yang bertujuan untuk melindungi hak asasi manusia di Hong Kong dengan margin 417-1 di tengah upaya protes anti-pemerintah selama berbulan-bulan. DPR mengeluarkan RUU kedua untuk melarang ekspor amunisi tertentu ke polisi Hong Kong dengan margin yang sama.

Senat dengan suara bulat menyetujui kedua undang-undang tersebut, sehingga mereka menuju ke meja Trump setelah pengesahan DPR. Gedung Putih belum memberi sinyal bagaimana sikap presiden terhadap RUU tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan Beijing “mengutuk dan dengan tegas menentang” RUU pertama, yang dikenal sebagai Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong, menurut Reuters. Trump bertujuan untuk tidak membuat marah rezim Tiongkok saat ia mendorong fase pertama dari perjanjian perdagangan AS-China.

Langkah Kongres untuk meloloskan RUU datang pada saat yang sulit bagi Trump, yang berharap memiliki kemenangan perdagangan China untuk dipromosikan di jalur kampanye 2020.

Bursa saham utama A.S. jatuh pada Rabu setelah laporan Reuters bahwa dua negara ekonomi terbesar di dunia mungkin tidak menyelesaikan kesepakatan perdagangan “fase satu” tahun ini.

Trump kemungkinan akan menandatangani undang-undang, sumber yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan. Langkah-langkah berlalu dengan dukungan hampir bulat di kedua kamar, yang berarti Kongres mungkin bisa mengesampingkan veto Trump.

Tanggapan pemerintah terhadap berbulan-bulan protes anti-pemerintah di Hong Kong, wilayah semi otonom, telah tumbuh semakin keras. Demonstrasi pertama kali dimulai sebagai tanggapan terhadap RUU yang dibatalkan karena akan memungkinkan ekstradisi ke daratan Tiongkok.

Beberapa anggota pemerintah Trump seperti Menteri Luar Negeri Mike Pompeo telah mengkritik keras tanggapan Cina terhadap protes. Trump telah mengatakan Cina harus menangani situasi itu sendiri, meskipun ia telah memperingatkan perlakuan keras terhadap orang-orang di Hong Kong dapat menggagalkan pembicaraan perdagangan.

Satu RUU yang disahkan minggu ini akan mensyaratkan Pompeo untuk menyatakan sekali setahun bahwa Hong Kong memiliki otonomi yang cukup untuk menjaga pertimbangan perdagangan A.S. khusus yang membantu ekonominya. Ini juga akan mengatur potensi sanksi bagi orang yang bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia di Hong Kong.

Langkah kedua akan melarang penjualan barang-barang seperti gas air mata dan peluru karet ke polisi Hong Kong.

Dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara DPR, Ketua Komite Urusan Luar Negeri Senat Jim Risch, R-Idaho, menyebutnya “sebuah langkah maju yang penting dalam meminta pertanggungjawaban Partai Komunis.” Senator Marco Rubio, seorang Republikan Florida yang mendorong untuk pengesahan langkah bipartisan. , kata dia mendesak Trump untuk “menandatangani RUU kritis ini menjadi hukum sesegera mungkin.”

Pimpinan Minoritas Senat Chuck Schumer, D-N.Y., Mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kongres menunjukkan AS “mendukung para pemrotes demokratis di Hong Kong dan penindasan kebebasan tidak akan berlaku.”

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here