BOE Pertahankan Suku Bunga Tetap

622

(Vibiznews – Economy & Business) Bank of England (BOE) mempertahankan suku bunga utamanya stabil di 0,75% dengan komite penetapan suku bunganya memilih 7-2 demi mempertahankan tingkat saat ini.

BOE mempertahankan sikap dovish yang dipamerkan setelah pertemuan sebelumnya, berkomentar dalam pernyataan yang menyertainya: “Jika pertumbuhan global gagal untuk menstabilkan atau ketidakpastian Brexit tetap mengakar, kebijakan moneter diperlukan untuk  memperkuat pemulihan yang diharapkan dari Inggris.”

Perkiraan untuk pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) Inggris pada kuartal keempat 2019 dipangkas menjadi + 0,1% dari perkiraan November sebesar + 0,2%, yang mencerminkan melemahnya kondisi ekonomi yang ditunjukkan dalam data terakhir.

“Konsumsi rumah tangga terus tumbuh dengan mantap, tetapi investasi bisnis dan pesanan ekspor masih lemah. Pasar keuangan tetap sensitif terhadap perkembangan kebijakan domestik, ”kata Bank dalam sebuah pernyataan.

Komite Kebijakan Moneter Bank (MPC) juga memilih dengan suara bulat untuk mempertahankan skema pembelian asetnya, yang saat ini memegang £ 435 miliar ($ 569,62 miliar) dari utang pemerintah dan £ 10 miliar dari obligasi korporasi.

Pada perang perdagangan AS-Cina, Bank of England mengatakan “meredanya sebagian perang perdagangan AS-Cina memberikan beberapa dukungan tambahan untuk prospek” tetapi menyoroti bahwa tanda-tanda terus melonggarnya pasar tenaga kerja Inggris adalah potensi hambatan lainnya. .

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here