Bursa Global Bergerak Datar Di Dekat Rekor Tertingginya

458

(Vibiznews – Index) – Bursa global terhenti di dekat rekor tertinggi dan pasar mata uang sedikit berubah pada hari Senin karena perdagangan menyusut sebelum liburan Natal dan investor mengambil untung dari kenaikan yang terjadi pada sepanjang bulan ini.

Indeks pan-Eropa STOXX 600 turun 0,14% pada 08:51 GMT, setelah mendekati rekor tertinggi di sesi sebelumnya. Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik di luar Jepang .MIAPJ0000PUS mendekati level tertinggi sejak Juni 2018, naik 0,05 persen.

Indeks saham semua negara MSCI <.MIWD00000PUS> bergerak datar, tepat di bawah rekor tertinggi hari Jumat. Indeks ini telah meningkat hampir 3% sepanjang bulan ini karena ketegangan perdagangan AS dan China mereda dan kepercayaan diri tumbuh bahwa Inggris akan menghindari jalan keluar yang kacau saat perpisahan dengan Uni Eropa. Indeks ini telah naik 23% sejauh ini pada sepanjang tahun 2019, ditetapkan sebagai tahun terbaik sejak 2009.

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu bahwa Amerika Serikat dan China akan “sangat segera” menandatangani perjanjian perdagangan fase satu. Dia menyerukan Amerika Serikat untuk mengurangi beberapa tarif sebagai imbalan bagi China yang membeli lebih banyak produk pertanian dari Amerika. China mengatakan pada hari Senin akan menurunkan tarif produk mulai dari daging babi beku dan alpukat sampai ke beberapa jenis semikonduktor pada tahun depan.

Data pada hari Jumat menunjukkan pertumbuhan AS naik pada kuartal ketiga dan ekonomi mungkin mempertahankan ekspansi nya sampai tahun ini berakhir. Data pengeluaran konsumen lebih kuat dari yang dilaporkan sebelumnya, dan ada peningkatan untuk pengeluaran bisnis.

Selama jam perdagangan di Asia pada hari Senin, Nikkei Jepang. N225 sedikit berubah setelah mencapai puncak 14 bulan minggu lalu. Indeks ini telah naik 2,3% untuk bulan ini.

Saham China membukukan penurunan satu hari terburuk dalam enam minggu, terbebani oleh koreksi pada saham teknologi setelah pemilik dana pemerintah mengumumkan rencana untuk mengurangi investasinya di beberapa perusahaan pembuat chip.

Data pengeluaran konsumsi pribadi AS untuk bulan November, yang dijadwalkan akan di rilis pada hari Jumat, adalah satu-satunya laporan ekonomi utama minggu ini.

Di pasar mata uang, euro EUR = berada di $ 1,1083, naik 0,05% setelah tergelincir 0,4% minggu lalu. Sterling GBP = berada di $ 1,3027, naik 0,18% dari level terendah tiga minggu pada hari Jumat $ 1,2976. Ini tergelincir 2,6% minggu lalu untuk menunjukkan mingguan terburuk sejak Oktober 2017. Safe-haven yen Jepang turun 0,08% pada 109,35.

Dalam komoditas, minyak mentah Brent LCOc1 turun 23 sen menjadi $ 65,95 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate CLc1 tergelincir 24 sen menjadi $ 60,2 per barel.

Selasti Panjaitan/Vibiznews
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here