Bursa Eropa 7 Januari Bangkit, Saham Supermarket Inggris Melambung Tinggi

451

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham Amerika Serikat yang ditutup untung semalam, menjalar ke bursa saham di Asia dan juga di Eropa. Awal perdagangan saham Eropa hari Selasa (07/01/2020), semua indeks utama rebound Saham Eropa karena meredanya kekhawatiran atas kebuntuan AS-Iran, tanpa pembalasan langsung dari Iran atas pembunuhan komandan militer utama negara itu Mayor Jenderal Qasem Soleimani.

Ada beberapa kebingungan sebelumnya pada hari setelah sebuah surat muncul yang menunjukkan bahwa pasukan koalisi yang dipimpin AS akan meninggalkan Irak. Pentagon kemudian mengklarifikasi bahwa itu adalah kesalahan dan belum ada keputusan apa pun untuk pergi.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik setengah persen di 418,73 setelah menurun 0,4 persen di sesi sebelumnya. Demikian juga indeks DAX Jerman naik 0,8 persen dan indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen, sedangkan FTSE 100 dari Inggris diperdagangkan flat setelah dibuka naik.

Saham perusahaan bahan bangunan Prancis Saint-Gobain diperdagangkan flat setelah mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi High Tech Metal Seals atau HTMS, seorang perancang dan produsen segel logam rekayasa untuk pasar industri, energi dan ruang angkasa.

Saham Jaringan supermarket Inggris, Morrisons, alami kenaikan harga sahamnya sebesar 3 persen meskipun perusahaan melaporkan penurunan penjualan selama periode Natal di tengah kondisi perdagangan yang menantang. Saham Marks & Spencer melonjak 3,6 persen.

Saham Aston Martin Lagonda Global Holdings merosot 9,5 persen. Pabrikan mobil sport mewah dan grand tourers menyatakan bahwa 2019 adalah tahun yang sangat mengecewakan dari sudut pandang perdagangan.

Saham Premier Oil melonjak 13 persen. Perusahaan melaporkan bahwa produksi 2019 fiskal adalah 78,4 kboepd, pada akhir atas bimbingan setahun penuh yang mencerminkan efisiensi operasi yang tinggi dan melanjutkan tingkat tinggi dari Catcher Area yang dioperasikan Premier.

Dalam rilis ekonomi, inflasi Zona Euro naik menjadi 1,3 persen pada Desember dari 1 persen pada November, flash data dari Eurostat menunjukkan. Secara bulanan, harga konsumen naik 0,3 persen.

Jul Allens, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here