Saham Mobil BMW Ambruk Meski Bursa Jerman Menguat

585

(Vibiznews – Index) – Bursa Saham Eropa bervariasi dalam perdagangan hati-hati pada hari Rabu (22/01/2020) karena panik tentang coronavirus di China mereda dan investor melihat hasil pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) pertama tahun 2020 untuk petunjuk arah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang berbasis di Jenewa mengatakan akan mengadakan pertemuan darurat hari ini untuk memutuskan apakah akan menunjuk wabah sebagai darurat kesehatan masyarakat internasional.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 sedikit lebih rendah di 423,33 setelah kehilangan 0,1 persen di sesi sebelumnya. Indeks DAX Jerman naik 0,15 persen dan indeks FTSE 100  naik 0,1 persen karena otoritas Cina menggenjot upaya untuk mengendalikan wabah coronavirus. Indeks CAC 40 Prancis tergelincir 0,1 persen.

Saham Daimler kehilangan 1,1 persen, setelah pembuat mobil Jerman melaporkan bahwa pendapatan Grup awal 2019 fiskal sebelum bunga dan pajak atau EBIT adalah 5,6 miliar euro, jauh lebih rendah dari 11,1 miliar euro yang tercatat di fiskal 2018. Saham BMW, Volkswagen dan Renault bergerak lebih rendah setelah Presiden AS Donald Trump dengan nada optimis hati-hati pada pembicaraan perdagangan dengan Eropa.

Saham Software AG sedikit berubah setelah manajer dana lindung nilai, David Einhorn Greenlight Capital mengambil kepemilikan yang tidak ditentukan dalam pengembang perangkat lunak bisnis. Saham pembuat peralatan semikonduktor Belanda ASML Holding N.V. turun 1,1 persen setelah meluncurkan program pembelian kembali saham tiga tahun hingga 6 miliar euro.

Saham Merek desainer Burberry Group kehilangan 2,2 persen setelah penjualannya di Hong Kong turun setengahnya selama kuartal Natal. Saham Berkeley Group Holdings melonjak 5 persen. Perusahaan mengatakan akan meningkatkan pengembalian kepada pemegang saham sekitar 455 juta pound ($ 594,00 juta) selama dua tahun ke depan

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here