Bursa Eropa Rebound Pasca The Fed Luncurkan Stimulus Mengatasi Coronavirus

671

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa rebound pada Selasa (24/03) setelah Federal Reserve AS mengumumkan program pembelian aset terbuka pada hari Senin

Indeks Stoxx 600 Eropa melonjak 4% pada awal perdagangan, dengan saham sumber daya dasar serta minyak dan gas melonjak 6,9% untuk memimpin kenaikan dengan semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 3,78%. Indeks DAX melonjak 5,95%. Indeks CAC menguat 4,73%.

Pasar saham global terangkat oleh pernyataan Fed pada Senin bahwa mereka akan menjalankan program pembelian aset terbuka di tengah wabah global coronavirus.

Bank sentral mengatakan program tersebut akan berjalan dalam jumlah yang diperlukan untuk mendukung kelancaran fungsi pasar dan transmisi kebijakan moneter yang efektif untuk menguatkan keuangan dan ekonomi

Sentimen juga mungkin terangkat oleh berita bahwa Italia, pusat Eropa untuk pandemi coronavirus, mengalami peningkatan harian yang lebih kecil dalam jumlah kasus baru yang dikonfirmasi untuk hari kedua berturut-turut pada hari Senin.

Sementara itu, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada Senin malam mengumumkan langkah-langkah penguncian ketat selama tiga minggu dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus.

Di Eropa pada Selasa diadakan pertemuan para menteri keuangan zona Eropa melalui konferensi video untuk membahas tanggapan kawasan terhadap coronavirus. Pertemuan dijadwalkan pada 1830 CET.

Penyedia perangkat lunak dari Jerman Teamviewer melonjak 11,8% karena negara-negara di seluruh Eropa mendesak pekerja untuk tinggal di rumah, sementara saham Subsea 7 melonjak 12,4% untuk memimpin patokan Eropa pada awal perdagangan karena harga minyak didukung oleh intervensi terbaru the Fed.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi menguat terdukung pernyataan The Fed AS untuk meluncurkan program stimulus baru untuk menguatkan ekonomi, juga kenaikan didukung penguatan harga minyak.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here