Hang Seng 6 April Melompat Tinggi Merespon Berita Baik Covid-19

474

(Vibiznews – Indeks) – Harga saham-saham bursa Hong Kong melompat tinggi pada hari Senin (06/04/2020), dengan indeks Hang Seng naik ke level tertinggi dalam lebih dari tiga minggu. Lonjakan indeks karena negara-negara secara global melaporkan lebih sedikit kematian akibat virus corona, dan juga setelah bank sentral China mengeluarkan $56 miliar untuk melindungi kejatuhan ekonomi dari pandemi.

Episentrum Eropa Italia melaporkan jumlah kematian COVID-19 harian terendah selama lebih dari dua minggu pada hari Minggu. Kementerian kesehatan Prancis yang bertetangga juga mengatakan jumlah kematian setiap hari dan penerimaan ke perawatan intensif melambat.

Presiden AS Donald Trump juga menyatakan harapan  bahwa Amerika Serikat melihat data flat  dari  beberapa titik panas negara itu, seperti New York, negara yang paling terpukul, melaporkan pada hari Minggu bahwa untuk pertama kali dalam seminggu kematian telah sedikit menurun dari hari sebelumnya

Indeks Hang Seng ditutup menguat  513 poin atau 2,21% pada posisi 23.749,12, setelah sempat mencapai level tertinggi sejak 13 Maret pada awal sesi. Demikian juga Indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan  naik 1,7% menjadi 9.652.31. 

Melihat pergerakan saham secara sektoral,  penguatan indeks dipimpin oleh lonjakan saham energy yang  naik 2,6%, kemudian disusul oleh sektor IT yang naik 1,9%, sektor keuangan naik 1,6%  dan sektor properti naik 2,7%.

Pada hari Jumat, People’s Bank of China mengatakan telah memotong jumlah uang tunai yang harus dimiliki oleh bank-bank kecil sebagai cadangan, melepaskan sekitar 400 miliar yuan ($ 56,38 miliar) dalam likuiditas untuk menopang perekonomian yang dirugikan oleh krisis coronavirus.

Jul Allens / Analis Senior Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here