Pengajuan Baru Klaim Pengangguran AS Hampir 3 Juta

673

(Vibiznews – Economy & Business) Pengajuan baru untuk klaim pengangguran berjumlah sekitar 3 juta untuk periode pelaporan terbaru, jumlah yang sementara masih tinggi menjadi turun untuk minggu keenam berturut-turut, menurut angka Departemen Tenaga Kerja Kamis (14/05).

Total 2,981 juta klaim baru untuk asuransi pengangguran yang diajukan minggu lalu secara total menjadi hampir 36,5 juta, sejauh ini merupakan kerugian terbesar dalam sejarah AS. Hitungan yang diumumkan minggu lalu dihitung direvisi naik 7.000 menjadi 3.176 juta, menempatkan penurunan mingguan di 195.000 antara dua laporan terbaru.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones telah memperkirakan jumlah terbaru klaim baru menjadi 2,7 juta.

Grafik klaim awal pengangguran mingguan menunjukkan lonjakan selama krisis coronavirus.

Sementara jumlahnya telah menurun sejak puncak 28 Maret, pengangguran tetap menyebar di AS bahkan ketika negara-negara terus kembali beraktifitas perlahan-lahan setelah penutupan ekonomi.

Departemen Tenaga Kerja melaporkan kehilangan 20,5 juta pekerjaan pada bulan April yang membawa tingkat pengangguran menjadi 14,7%, keduanya tertinggi pasca Perang Dunia II.

Klaim yang berkelanjutan naik 456.000 ke rekor 22,83 juta, setelah total minggu sebelumnya direvisi turun menjadi 22,38 juta.

Rata-rata pergerakan empat minggu, yang digunakan untuk memperlancar volatilitas mingguan, juga melonjak 2,7 juta menjadi 19,76 juta.

Dalam periode pelaporan terbaru, hingga 9 Mei, lonjakan terbesar datang dari Connecticut, yang melihat 262.542 kasus baru, menurut jumlah yang tidak disesuaikan dengan faktor musiman. Sebagian besar negara bagian lain mengalami penurunan dalam jumlah yang disesuaikan, dengan penurunan terbesar datang di Texas (-102.263) dan California (-102.229).

Tingkat pengangguran diasuransikan, yang merupakan perhitungan sederhana dari pengajuan klaim terhadap ukuran total tenaga kerja, naik 0,3 poin persentase menjadi 15,7%.

Sementara totalnya tetap tinggi, sebagian besar ekonom memperkirakan gambaran ketenagakerjaan sedikit lebih cerah karena lebih banyak daerah mulai melonggarkan pembatasan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here