Bursa Eropa Mixed; Terpengaruh Memburuknya Produksi Industri Jerman

724

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan mixed pada Senin (08/06) karena pasar mempertimbangkan pemulihan ekonomi dari pandemi coronavirus dan melemahnya data produksi industri Jerman.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,4% di awal perdagangan, dengan saham teknologi turun 1,4% untuk memimpin kerugian, sementara saham minyak dan gas melawan tren untuk naik 1,5%.

Indeks FTSE naik 0,21%. Indeks DAX melemah 0,39%. Indeks CAC melemah 0,45%.

Pembukaan berombak untuk pasar Eropa membalikkan tren sebagian besar positif terlihat di pasar saham Asia dan AS, dimana pasar saham Asia diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi pada hari Senin, dan pasar saham berjangka AS sedikit lebih tinggi, setelah data pekerjaan AS yang dirilis Jumat menunjukkan lompatan yang tak terduga, memacu harapan dari pemulihan ekonomi dari pandemi coronavirus.

Dalam berita lain, karantina 14 hari mulai berlaku untuk setiap wisatawan yang tiba di Inggris pada Senin. Langkah ini dilakukan karena sebagian besar negara Eropa terus melonggarkan pembatasan. Para pemimpin usaha penerbangan dan pariwisata mengatakan langkah itu akan merusak industri mereka dan beberapa maskapai mempertimbangkan perlawanan hukum terhadap tindakan karantina.

Data yang dirilis Senin menunjukkan bahwa produksi industri Jerman turun 17,9% pada April dari bulan sebelumnya karena penguncian yang disebabkan oleh virus corona memukul ekonomi terbesar Eropa itu. Ini mengikuti penurunan 8,9% yang terlihat pada bulan Maret dan menandai penurunan tahunan sebesar 25,3%.

Bloomberg News melaporkan pada hari Minggu bahwa AstraZeneca telah mendekati saingan AS Gilead Sciences bulan lalu mengenai merger potensial, yang akan menjadi ikatan farmasi terbesar dalam sejarah. Saham produsen obat Inggris turun 2% di awal perdagangan.

Dalam hal aksi harga saham individu, pemasok peralatan farmasi dan laboratorium Jerman Sartorius melihat sahamnya turun 8,8% ke bagian bawah Stoxx 600 dalam kesepakatan awal, sementara perusahaan minyak dan gas Inggris TechnipFMC melonjak 8% untuk memimpin indeks blue chip Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed dengan positifnya bursa Asia dan AS dan membaiknya data tenaga kerja AS, namun sentimen negatif datang dari memburuknya data produksi industri Jerman.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here