Bursa Eropa Bergerak Turun Tertekan Pelemahan Data Ekonomi

696

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa melemah pada Jumat (28/08) karena investor mencerna perubahan kebijakan utama Federal Reserve AS dan berita bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri karena masalah kesehatan. Melemahnya data ekonomi Eropa juga semakin menekan bursa Eropa.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,17% pada perdagangan tengah pagi, dengan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah. Namun Saham bank naik lebih dari 2%. Reaksi muncul setelah Ketua Fed Jerome Powell meluncurkan perubahan kebijakan besar, yang menunjukkan bahwa suku bunga cenderung tetap rendah untuk beberapa waktu.

Powell mengatakan Fed akan membiarkan inflasi dan lapangan kerja berjalan di atas level target untuk mendukung perekonomian. Dalam praktiknya, ini berarti bahwa Fed akan membiarkan inflasi berjalan di atas 2% sebelum mengubah tarifnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan pengunduran dirinya karena alasan kesehatan. Pengunduran diri itu mengirim saham Jepang melemah.

Data ekonomi juga menjadi fokus Jumat. PDB Prancis kuartal kedua (produk domestik bruto) dikonfirmasi di -13,8%. Sementara itu, kantor statistik Prancis, Insee, melaporkan konsumsi rumah tangga naik 0,5% pada Juli dari bulan sebelumnya.

Demikian juga data konsumen Jerman diperkirakan semakin pesimis di bulan September, yang semakin menekan bursa Eropa.

Di Spanyol, penjualan ritel turun 3,9% tahun ke tahun di bulan Juli, sedikit perbaikan dari pembacaan sebelumnya.

Di sisi korporasi, pemberi pinjaman Italia Monte dei Paschi menerima lampu hijau dari Bank Sentral Eropa untuk mengatur rencananya untuk membersihkan pinjaman buruk, Reuters melaporkan. Sahamnya naik di atas 3% pada awal perdagangan Eropa.

Rolls-Royce, pembuat mesin, mengatakan akan menjual aset dalam upaya untuk mengumpulkan £ 2 miliar. Saham turun sekitar 2%.

Dalam berita perusahaan lainnya, Norwegian Air mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka akan membutuhkan lebih banyak uang tunai untuk memenuhi semua kewajibannya pada tahun 2021, lapor Reuters. Saham diperdagangkan lebih rendah karena berita tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa untuk selanjutnya berpotensi melemah tertekan data ekonomi Eropa yang bearish seperti pertumbuhan ekonomi Perancis kuartal kedua semakin negatif, data konsumen Jerman juga diperkirakan semakin pesimis di bulan September.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here