Bursa Eropa Melemah Tertekan Kemerosotan Saham Perbankan

718

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak lemah pada Senin (21/09) tertekan anjloknya saham perbankan dan meningkatnya infeksi virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa merosot 2,8%, dengan saham perbankan anjlok 6% dan saham perjalanan jatuh 5,9% memimpin kerugian karena semua sektor dan bursa utama tergelincir ke wilayah negatif.

Baik Indeks FTSE, indeks DAX dan indeks CAC semuanya merosot lebih dari 3%.

Selain perkembangan virus Corona terbaru, investor di Eropa mengawasi saham bank pada Senin menyusul tuduhan akhir pekan ini bahwa beberapa telah berurusan dengan dana yang mencurigakan.

Di Asia, saham Standard Chartered dan HSBC yang terdaftar di Hong Kong jatuh pada hari Senin menyusul laporan bahwa mereka diduga memindahkan sejumlah besar dana mencurigakan. Pada Senin sore, saham Standard Chartered jatuh 2,69% dan HSBC turun 2,91%. Sebelumnya pada hari perdagangan, saham HSBC telah jatuh ke level terendah lebih dari 25 tahun, menurut FactSet.

Langkah itu dilakukan setelah bank – di antara beberapa pemberi pinjaman global – diidentifikasi dalam laporan media sebagai diduga telah memindahkan dana yang mencurigakan selama hampir dua dekade, menurut Reuters. Laporan tersebut mengutip dokumen rahasia yang diserahkan oleh bank kepada pemerintah AS.

Meningkatnya kasus virus corona tetap menjadi fokus. Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan hari Jumat mencatat bahwa itu masih menewaskan sekitar 50.000 orang seminggu.

Dalam hal aksi harga saham individu, United Internet Jerman jatuh lebih dari 24% pada perdagangan pagi terakhir setelah menurunkan prospeknya, sementara Network International turun 13,7% untuk memperpanjang penurunan baru-baru ini.

Rolls-Royce jatuh 8% setelah mengumumkan rencana untuk mengumpulkan £ 2,5 miliar ($ 3,24 miliar) untuk memperkuat keuangannya. Induk British Airways IAG terus turun, turun 14,9% lagi untuk memimpin penurunan luas untuk sektor perjalanan di tengah meningkatnya kasus virus korona.

Di puncak indeks blue-chip Eropa, perusahaan pengiriman peralatan makan Jerman HelloFresh naik 5% di tengah spekulasi tindakan penguncian lebih lanjut di Eropa.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak lemah tertekan kemerosotan saham perbankan dan meningkatnya kasus virus corona.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here