Bursa Eropa Bergerak Lemah Mencermati Pembicaraan Brexit

701

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa mundur pada Selasa (29/09), mencermati perkambangan pembicaraan Brexit.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,5% pada awal perdagangan, dengan bank-bank merosot 1,3% memimpin kerugian karena semua sektor kecuali utilitas tergelincir ke wilayah negatif.

Indeks FTSE turun -0,31%. Indeks DAX melemah -0,34%. Indeks CAC turun tipis -0,05%.

Inggris dan Uni Eropa telah mengindikasikan bahwa kesepakatan Brexit masih jauh setelah negosiasi dimulai kembali pada Senin atas penerapan Perjanjian Penarikan mereka, yang telah ditolak oleh pemerintah Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Di Amerika Serikat, saham berjangka untuk Selasa sedikit lebih rendah setelah reli pada hari Senin, dimana investor bersiap untuk menyaksikan debat presiden pertama antara Presiden AS Donald Trump dan kandidat Demokrat Joe Biden.

Pasar masih menyadari penyebaran virus corona yang berkelanjutan di seluruh dunia, dengan jumlah kematian global sekarang melebihi 1 juta dengan lebih dari 33 juta kasus yang dikonfirmasi, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.

Investor juga akan mengawasi kemajuan menuju paket stimulus fiskal baru di AS.

Dalam berita perusahaan, dampak pahit dari akuisisi Tiffany senilai $ 16 miliar oleh LVMH terus berlanjut, dengan pemilik Louis Vuitton melawan penjual perhiasan AS pada hari Senin dan menyatakan bahwa manajemen keuangan Tiffany selama krisis virus corona membatalkan perjanjian pembelian.

Dalam hal aksi harga saham individu, distributor pipa dan pemanas Inggris Ferguson naik lebih dari 5% pada awal perdagangan setelah memulihkan dividennya karena pemotongan biaya membantu perusahaan meningkatkan laba setahun penuh.

Di bagian bawah indeks blue-chip Eropa, saham Network International turun 4,5%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk selanjutnya bursa Eropa akan bergerak lemah mencermati hasil pembicaraan Brexit antara Inggris dan Uni Eropa yang dikhawatirkan tidak berhasil menemui kesepakatan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here