Pertumbuhan Bisnis September Inggris Lebih Baik dari Perkiraan

500
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Ekonomi Inggris lebih baik daripada yang diperkirakan bulan lalu, meskipun ada pengetatan pembatasan penguncian dan diakhirinya subsidi pemerintah sementara untuk bisnis seperti restoran dan bar, demikian survei besar pada hari Senin (05/10).

Indeks Manajer Pembelian (PMI) Markit / CIPS IHS untuk sektor jasa – yang tidak mencakup pengecer – turun ke 56,1 pada bulan September dari tertinggi lima tahun Agustus di 58,8, tetapi penurunan itu lebih kecil dari perkiraan awal dari 55.1.

Bacaan di atas 50 menunjukkan bahwa sebagian besar bisnis melaporkan pertumbuhan aktivitas.

PMI komposit, yang mencakup data manufaktur yang dirilis minggu lalu, turun menjadi 56,5 dari tertinggi enam tahun di bulan Agustus di 59,1, sekali lagi penurunan yang lebih kecil dari yang dilaporkan pertama.

Ekonom IHS Markit, Chris Williamson menyatakan sektor jasa Inggris menunjukkan ketahanan yang menggembirakan pada bulan September, dengan aktivitas bisnis yang terus tumbuh dengan kokoh meskipun skema ‘‘Eat Out to Help Out’ pemerintah telah ditarik.

Data PMI memberikan gambaran yang lebih optimis daripada kebanyakan survei bisnis lainnya.

Ekonomi Inggris menyusut dengan rekor -20% pada kuartal kedua ketika langkah-langkah penguncian paling ketat, dan berkinerja lebih buruk daripada negara ekonomi maju utama lainnya di paruh pertama tahun ini.

Namun ada pemulihan yang cukup cepat – meskipun tidak merata – dan ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan rata-rata bahwa data produk domestik bruto bulan Agustus, yang akan dirilis pada hari Jumat, akan menunjukkan produk sekitar 7% di bawah level tahun lalu.

Pekan lalu kepala ekonom Bank of England, Andy Haldane, mengatakan dia memperkirakan produksi pada bulan September hanya 3-4% di bawah level tahun lalu, dan mengatakan banyak komentator telah meremehkan kekuatan rebound.

Meskipun demikian, peningkatan tajam kasus COVID di Inggris pada bulan September – menyusul lonjakan serupa di Prancis dan Spanyol – telah menyebabkan pembatasan baru dalam bersosialisasi di rumah atau di luar, meskipun sekolah dan tempat kerja tetap buka.

IHS Markit mengatakan kepercayaan tentang masa depan tetap positif, tetapi terlemah sejak Mei baik dalam layanan maupun data komposit.

Bisnis juga memangkas pekerjaan selama tujuh bulan berturut-turut pada bulan September – jangka terpanjang sejak 2010. Namun, pengurangan tersebut berada pada laju paling lambat sejak Maret meskipun program dukungan pekerjaan pemerintah akan segera berakhir bulan ini.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here