Kospi 6 Oktober Gain Untuk 5 Sesi Berturut, Tertinggi 2 Pekan

505
indeks kospi
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Korea Selatan ditutup lebih tinggi yang  memperpanjang gain 4 sesi berturut pada perdagangan hari Selasa (6/10/2020). Indeks Kospi naik ke posisi tertinggi 2 pekan  didukung oleh sentimen keuntungan bursa saham Amerika semalam yang melinjak tinggi.  

Sentimen positif investor di bursa saham kawasan Asia dipengaruhi berita  Presiden AS Donald Trump kembali ke Gedung Putih setelah perawatan rumah sakit untuk Covid-19, yang telah melonjakkan ketiga indeks utama bursa saham Amerika di Wall Street.  Investor terus memantau prospek stimulus AS lebih lanjut karena Ketua DPR Nancy Pelosi dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin sedang persiapkan kesepakatan dan mengesahkan undang-undang sebelum pilpres 3 November.

Dari laporan ekonomi yang dirilis, tingkat harga konsumen Korea Selatan naik 1% tahun ke tahun di bulan September, lebih tinggi dari periode bulan sebelumnya yang berada di posisi 0,7%. Data inflasi ini merupakan data yang  tertinggi sejak bulan Maret.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) harian ditutup naik 7,90 poin atau 0,34 persen lebih tinggi pada 2.365,90, tertinggi sejak 21 September.  Untuk indeks Kospi200 berjangka naik 0,94 poin atau 0,30% ke posisi 314.45, setelah sempat  turun ke posisi rendah di 313.03  dan naik ke posisi tertinggi  316.48.

Saham-saham kapital besar yang memberi kekuatan indeks Kospi sepanjang sesi dipimpin oleh lonjakan saham Samsung naik 3,94 persen, saham LG Chem naik 2,28 persen,  saham portal internet Naver naik 2,18 persen dan saham Samsung Electronics ditutup naik 0,51 persen. Terjadi profit taking pada saham Hyundai Mptor dengan turun  2,41 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here