Bursa Eropa Terangkat Harapan Pembicaraan Brexit dan Persetujuan Vaksin

963

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Senin (14/12) mencermati negosiasi antara Inggris dan Uni Eropa untuk mencapai kesepakatan perdagangan pasca-Brexit.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,8% pada awal perdagangan, dengan bank-bank naik 2,6% untuk memimpin kenaikan karena hampir semua sektor dan bursa utama memasuki wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,47%. Indeks DAX dan CAC menguat masing-masing sekitar 1%.

Inggris dan UE pada hari Minggu sepakat untuk terus menegosiasikan kesepakatan perdagangan Brexit, melakukan pembicaraan karena perbedaan utama tetap ada. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson masih memperingatkan bisnis untuk bersiap untuk keluar “tanpa kesepakatan” pada 31 Desember ketika periode transisi berakhir.

Dalam berita lain, Jerman akan mengunci total selama periode Natal di tengah meningkatnya kematian dan infeksi virus corona. Toko yang tidak penting dan sekolah akan tutup di seluruh negeri mulai Rabu.

“Kami mengingatkan bahwa teman, kerabat, dan kenalan dapat bertemu dengan maksimal lima orang dan dua rumah tangga dan ada pengecualian hanya selama liburan Natal dari 24 hingga 26 Desember, tetapi tidak pada Malam Tahun Baru dan Hari Tahun Baru,” Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan akhir pekan ini seperti yang dilansir CNBC.

Dalam perkembangan virus Corona AS, Direktur CDC Robert Redfield menandatangani vaksin Covid-19 Pfizer, yang memungkinkan secara resmi dilanjutkan pada hari Senin untuk orang yang berusia 16 tahun atau lebih. Itu terjadi setelah otorisasi darurat FDA atas vaksin Pfizer minggu lalu. AS telah mulai mengirimkan dosis ke ratusan pusat distribusi di seluruh negeri.

Saham berjangka AS bergerak lebih tinggi pada perdagangan pagi hari karena pasar menunjukkan rebound dari minggu yang merugi. Investor telah menimbang pembaruan tentang peluncuran vaksin Covid-19 serta kebuntuan stimulus virus corona di Washington.

Sementara itu, saham di Asia-Pasifik sebagian besar naik pada perdagangan Senin, karena investor di kawasan itu bereaksi terhadap persetujuan vaksin Covid-19 Pfizer di AS.

Bank dan pembangun rumah Inggris adalah pemenang terbesar di Stoxx 600 dalam kesepakatan awal, dengan Lloyds, Taylor Wimpey, Persimmon, Bellway dan NatWest semuanya naik lebih dari 4,5% bersama dengan pengecer Marks & Spencer, yang memimpin kenaikan.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, saham AstraZeneca turun 6% setelah pengumuman bahwa raksasa farmasi itu telah membeli Alexion Pharmaceuticals seharga $ 39 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik terdukung harapan pembicaraan lanjutan untuk kesepakatan perdagangan pasca Brexit antara Inggris dan Uni Eropa. Penguatan juga diperoleh dari persetujuan vaksin dari Pfizer untuk dilaksanakan di AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here