Survei Konsumen BI Desember 2020: Keyakinan Konsumen Menguat, Mendekati Zona Optimis

540
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Survei Konsumen Bank Indonesia pada Desember 2020 mengindikasikan pada bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi menguat, mendekati zona optimis. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2020 sebesar 96,5, meningkat dari 92,0 pada bulan November 2020. Keyakinan konsumen terpantau menguat pada seluruh kategori tingkat pengeluaran dan tingkat pendidikan. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 14 kota yang disurvei, dengan kenaikan tertinggi di kota Bandar Lampung, diikuti oleh DKI Jakarta dan Denpasar.

“Keyakinan konsumen yang membaik pada Desember 2020 didorong oleh menguatnya persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi ke depan. Persepsi terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik didukung oleh aspek ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama. Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan meningkat, utamanya terhadap ketersediaan lapangan kerja,” demikian penjelasan Departemen Komunikasi BI kepada media, Senin (11/1)

Sumber: BI, 11-01-2021

Analis Vibiz Research Center melihat sentimen dan ekspektasi konsumen terus membaik dan mendekati zona optimis level 100 pada Desember 2020. Secara grafis dapat terlihat tren kenaikan dibandingkan indeks bulan sebelumnya. Sekalipun pandemic dunia masih memanjang dan memberikan tekanan pada sentimen konsumen di seluruh dunia, tetapi upaya dan kerja keras pemerintah Indonesia serta Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang berusaha menjaga keseimbangan antara kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi semakin terlihat dampak positifnya. Kita harapkan periode-periode berikutnya keyakinan konsumen segera memasuki zona optimisnya, apalagi dengan berita kedatangan vaksin virus baru-baru ini dan siap didistribusikan.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here