Produksi Industri November Zona Eropa Meningkat Melebihi Perkiraan

368
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Produksi industri zona Eropa jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan pada bulan November, demikian data menunjukkan pada hari Rabu (13/01), berkat rebound dalam produksi barang setengah jadi dan barang modal yang menjadi pertanda baik untuk investasi pada akhir tahun 2021.

Kantor statistik Uni Eropa, Eurostat, mengatakan produksi industri di 19 negara yang berbagi euro naik 2,5% pada November terhadap Oktober untuk penurunan 0,6% tahun-ke-tahun.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan bulanan 0,2% sederhana dan penurunan tahunan 3,3%, karena ekonomi zona Eropa bergulat dengan gelombang kedua pandemi COVID-10.

Irlandia naik tertinggi, dengan lonjakan produksi industri sebesar 52,8% di bulan tersebut, yang menurut kantor statistik Irlandia disebabkan oleh revisi model penyesuaian musiman karena pandemi COVID. Produksi juga meningkat di Jerman, tetapi turun di Prancis, Italia, Spanyol, dan Belanda.

Hasil yang lebih baik dari perkiraan terutama disebabkan oleh peningkatan bulanan 7,0% dalam produksi barang modal dan kenaikan bulanan 1,5% pada barang setengah jadi, yang membantu mengimbangi penurunan produksi energi dan barang konsumsi tahan lama dan tidak tahan lama.

Juga tahun ke tahun, produksi barang modal naik 0.1% di bulan November setelah penurunan tahun ke tahun 8% di bulan Oktober. Produksi barang menengah naik 1,1% setelah penurunan 0,9% pada bulan Oktober.

Barang menengah dan barang modal seringkali memberikan indikasi awal tentang tren investasi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here