Website Parler Kembali Online, Namun Masih Terbatas

420

(Vibiznews – Technology) Situs web Parler, platform media sosial yang populer di kalangan konservatif dan pendukung Presiden AS Donald Trump kembali online, meskipun dalam bentuk yang sangat terbatas.

Tidak seperti kebanyakan minggu lalu, situs web sekarang memuat dan menampilkan pesan singkat dari CEO Parler John Matze yang berbunyi: “Hello world, is this thing on?”

Situs web Parler ditutup offline pada 11 Januari setelah Amazon menarik dukungannya setelah peristiawa Capitol AS. Situs web tersebut mengandalkan daya komputasi awan yang disediakan oleh Amazon Web Services.

AWS menarik dukungannya untuk Parler pada 10 Januari setelah menyimpulkan bahwa postingan di situs dan aplikasi perusahaan mendorong dan mempromosikan kekerasan.

Matze mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Parler menghapus konten kekerasan dan menambahkan bahwa pedoman komunitasnya tidak mengizinkan Parler secara sengaja digunakan untuk aktivitas kriminal.

Aplikasi seluler Parler masih belum terlihat. Google dan Apple menghapus aplikasi Parler dari toko aplikasi mereka masing-masing pada 8 Januari dan 9 Januari.

Meskipun situs web Parler tidak lagi offline sepenuhnya, situs web tersebut masih mengalami masalah teknis dan pengguna Parler tidak dapat menggunakannya dengan cara yang mereka lakukan sebelumnya.

Di bawah pesan singkat Matze adalah postingan tentang kesulitan teknis perusahaan yang sedang berlangsung.

Parler telah mentransfer nama domainnya ke Epik, yang menghosting jaringan media sosial serupa Gab, juga populer di kalangan sayap kanan. Namun, menemukan penyedia hosting situs web lebih sulit bagi Parler.

Dalam wawancara dengan Fox News Senin lalu, Matze mengatakan perusahaan mungkin “harus melangkah lebih jauh” dengan membeli dan membangun pusat datanya sendiri.

Parler telah menggugat Amazon karena menarik dukungannya untuk perusahaan tersebut. Dalam gugatan yang diajukan pada 11 Januari di Pengadilan Distrik AS di Seattle, Parler menuduh Amazon Web Services melanggar undang-undang antitrust.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here