Bursa Eropa Bergerak Naik; Laporan Laba Emiten Menjadi Perhatian

443
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak naik pada Kamis (04/02) mencermati laporan pendapatan emiten dan perkembangan pandemi virus corona.

Indeks Stoxx 600 Eropa melayang 0,2% di atas garis datar di awal perdagangan, dengan otomotif naik 1% sementara barang-barang rumah tangga turun 0,6%.

Indeks FTSE naik 0,3%. Indeks DAX dan CAC masing-masing menguat 0,4%.

Perdagangan bergerak naik tipis dengan pasar mencermati pendapatan terbaru kuartal ini, dengan laporan Kamis dari Deutsche Bank, Unilever, Shell, Royal Mail, Infineon, BT, ABB, Roche, Dassault Systemes dan Enel.

Melaporkan sebelum bel pembukaan, Deutsche Bank mengalahkan ekspektasi pendapatan untuk tahun 2020 karena muncul dari krisis virus corona, yang dipimpin oleh kinerja yang kuat di divisi perbankan investasi. Namun saham pemberi pinjaman terbesar di Jerman turun 1,6% pada awal perdagangan.

Juga melaporkan menjelang pembukaan pasar, raksasa minyak Royal Dutch Shell melaporkan penurunan tajam dalam laba setahun penuh dengan pandemi memukul permintaan, dan berdampak besar pada industri minyak dan gas global. Saham perusahaan naik tipis 0,3%.

Investor Inggris akan mengawasi keputusan kebijakan moneter terbaru Bank of England pada hari Kamis.

Pasar global juga berfokus pada pendapatan; Kontrak berjangka AS sedikit lebih rendah selama sesi semalam karena Wall Street berusaha untuk melanjutkan kenaikan beruntun S&P 500 pada hari Kamis. Investor mengamati beberapa saham termasuk eBay, PayPal dan Qualcomm dalam perdagangan yang diperpanjang setelah masing-masing mengeluarkan laporan pendapatan kuartalan.

Sementara itu, saham di pasar utama Asia-Pasifik tergelincir pada hari Kamis, dengan Korea Selatan memimpin penurunan.

Dalam hal pergerakan harga saham individu, perusahaan perangkat lunak Prancis Dassault Systemes naik lebih dari 5% pada awal perdagangan, setelah memperkirakan kenaikan pendapatan pada tahun 2021 yang didukung oleh kinerja yang kuat untuk bisnis uji klinisnya.

Saham Bayer naik 4,5% di awal perdagangan setelah raksasa farmasi Jerman itu mencapai kesepakatan $ 2 miliar untuk menyelesaikan klaim kompensasi di masa depan di AS atas kanker yang terkait dengan obat pembasmi gulma Roundup, sementara Nordea Bank dan OMV keduanya naik lebih dari 4% setelah kuatnya laporan pendapatan kuartal keempat.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, Unilever turun lebih dari 4%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan terus mencermati khususnya laporan pendapatan emiten, yang jika memberikan hasil positif akan mendukung kenaikan bursa Eropa dan sebaliknya. Bursa Eropa juga akan mencermati perkembangan pandemi virus corona dan pelaksanaan vaksin yang meluas ke berbagai negara.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here