Bursa Eropa Naik Terbantu Kenaikan Sentimen Ekonomi

364
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada hari Selasa (30/03) terbantu kenaikan sentimen ekonomi zona Eropa dan mengabaikan kejatuhan pasar AS akhir pekan lalu.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,3% pada sore hari, dipimpin oleh kenaikan 1,7% untuk otomotif dan bank, sementara saham utilitas melawan tren turun 1,2%.

Indeks FTSE naik 0,64%. Indeks DAX melonjak 1,34%. Indeks CAC menguat 1,25%.

Pasar global tampak stabil sepanjang sesi perdagangan Eropa, mengabaikan dampak default hedge fund AS yang menghantam saham perbankan global pada hari Senin.

Namun indeks saham berjangka AS tergelincir lebih rendah dalam perdagangan pra-pasar pada hari Selasa meskipun Dow Jones Industrial Average naik ke rekor baru pada hari Senin, karena patokan imbal hasil Treasury AS 10-tahun mulai melonjak sekali lagi.

Pergerakan sesi sebelumnya terjadi di tengah kejatuhan lanjutan setelah hedge fund terpaksa melikuidasi posisinya di beberapa saham media. Baik Credit Suisse dan Nomura memperingatkan tentang pukulan “signifikan” pada pendapatan kuartal pertama mereka di belakang kehancuran Archegos Capital Management, yang mendorong saham kedua bank untuk dijual pada hari Senin.

Saham Credit Suisse terus merosot pada hari Selasa, jatuh 3,3% ke dasar indeks blue chip Eropa pada transaksi sore hari.

Sentimen ekonomi zona Eropa melonjak jauh lebih dari yang diantisipasi pada Maret, data survei baru mengungkapkan Selasa, melompat ke 101 poin dari 93,4 pada Februari. Analis memperkirakan kenaikan moderat menjadi 96 poin.

Saham Siemens Gamesa naik 5,2% pada sore hari setelah perusahaan energi terbarukan menandatangani kesepakatan dengan Repsol untuk memasang empat ladang angin di Spanyol. Perusahaan bioteknologi Jerman Evotec juga naik 5,2%.

Saham Victrex naik 4,6% setelah grup Citi menaikkan target harga untuk saham polimer Inggris, sementara Exane BNP Paribas meningkatkannya menjadi “mengungguli” dari “netral.”

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa sebagian bergerak naik seiring penguatan bursa Asia dan AS. Sentimen positif lainnya adalah telah diamankannya kapal kargo yang

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here