Tingkat Pengangguran Inggris Turun Tak Terduga

522
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat pengangguran Inggris secara tak terduga turun untuk bulan kedua berturut-turut menjadi 4,9% pada periode Desember hingga Februari, demikian rilis resmi pada hari Selasa (20/04).

Ekonom yang disurvei oleh Reuters sebagian besar memperkirakan bahwa tingkat pengangguran – yang telah tertahan oleh program subsidi pekerjaan besar pemerintah – akan naik menjadi 5,1% dari 5,0% dalam tiga bulan hingga Januari.

ONS mengaitkan penurunan tersebut dengan sejumlah besar pria yang meninggalkan pasar kerja sama sekali. Tingkat ketidakaktifan yang disebut naik 0,2 poin persentase dalam tiga bulan hingga Februari, menggemakan kenaikan selama penguncian pertama tahun lalu.

Ada pengingat lain dari keadaan genting pasar tenaga kerja dalam angka-angka dari kantor pajak Inggris yang menunjukkan jumlah karyawan dalam daftar gaji perusahaan turun 56.000 antara Februari dan Maret, penurunan pertama dalam empat bulan.

Itu mendorong jumlah total pekerjaan yang hilang sejak permulaan pandemi virus korona menjadi 813.000 – lebih dari setengahnya dipegang oleh orang-orang berusia di bawah 25 tahun, dengan London yang padat perhotelan menjadi wilayah yang paling terpukul, kata ONS.

Sekitar 363.000 orang digolongkan sebagai pengangguran jangka panjang setelah tidak bekerja selama satu tahun atau lebih, tetapi dengan jumlah yang sama dalam kelompok enam hingga 12 bulan, angka itu dapat segera meningkat tajam.

Ekonomi Inggris menyusut hampir 10% pada tahun 2020, kemerosotan yang lebih besar daripada hampir semua negara Eropa lainnya, setelah ditutup lebih lama dan lebih lama daripada kebanyakan negara Eropa lainnya.

Tetapi dibantu oleh peluncuran cepat vaksinasi COVID-19, mereka sedang dalam proses mencabut penguncian ketiga sementara negara-negara lain di Eropa baru-baru ini memperketat pembatasan mereka.

ONS mengatakan ada peningkatan yang mencolok dalam lowongan kerja di bulan Maret, terutama di sektor seperti perhotelan yang dibuka kembali untuk bisnis luar ruangan minggu lalu.

Menteri Keuangan Rishi Sunak pada Maret memperpanjang skema cuti – yang membayar gaji sekitar satu dari lima karyawan – hingga akhir September meskipun pemberi kerja harus mulai berkontribusi untuk sebagian biaya mulai Juli.

Tanpa skema tersebut, tingkat pengangguran akan jauh lebih tinggi – setahun yang lalu, dperkirakan anggaran Inggris mengatakan bisa mencapai 10%.

Bank of England akan mengamati berapa banyak pekerjaan yang hilang karena mempertimbangkan berapa lama yang dibutuhkan untuk mempertahankan program stimulus ekonominya yang besar.

Ukuran utama pertumbuhan gaji Inggris naik lagi dengan kuat dalam tiga bulan hingga Februari, naik 4,5% secara tahunan.

Tapi ONS mengatakan pembacaan itu condong lebih tinggi oleh penurunan jumlah pekerjaan bergaji rendah dan paruh waktu. Setelah memperhitungkan ini, pertumbuhan gaji jauh lebih lemah di 2,5%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here