Bursa Eropa Awal Juli Naik Terdukung Optimisme Pemulihan Ekonomi

407

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa menguat pada hari Kamis (01/07), memulai semeseter kedua tahun 2021 dengan catatan positif karena investor mengantisipasi pemulihan ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,4%, dengan saham perjalanan dan liburan naik 2% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Terpantau indeks FTSE meningkat 0,85%. Indeks DAX naik 0,23%. Indeks CAC menguat 0,5%.

Indeks blue chip Eropa menutup bulan positif kelima berturut-turut pada hari Rabu, dan memulai hari naik 13,49% year-to-date.

Di Amerika Serikat, saham berjangka sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan premarket pada hari Kamis setelah S&P 500 juga menutup kenaikan bulan kelima berturut-turut untuk ditutup pada rekor baru lainnya.

Investor global juga mencermati data klaim pengangguran mingguan terbaru dari AS yang hasilnya terealisir turun.

Ini datang menjelang laporan pekerjaan Jumat yang diawasi ketat dari Departemen Tenaga Kerja. Sebuah survei Dow Jones menempatkan ekspektasi konsensus di 683.000 pekerjaan baru ditambahkan pada bulan Juni.

Kembali di Eropa, aktivitas manufaktur zona Eropa tumbuh pada laju tercepat pada rekor di bulan Juni, dengan meningkatnya data Markit Manufacturing PMI final pada hari Kamis. Angka 63,4 naik dari perkiraan awal 63,1.

Pabrik-pabrik Inggris juga mendorong pemulihan, meskipun angka PMI turun ke 63,9 dari rekor tertinggi 65,6 di bulan Mei. Tekanan inflasi juga terasa karena tantangan rantai pasokan yang disebabkan oleh pandemi membuat biaya input melonjak.

Dalam berita perusahaan, Reuters telah melaporkan, mengutip tiga sumber, bahwa Credit Suisse sedang mempertimbangkan pembalikan distribusi regional divisi perbankan swastanya, demi struktur manajemen terpusat yang akan memungkinkan pemberi pinjaman yang dilanda skandal ini untuk mempertahankan kontrol yang lebih ketat pada operasional perusahaannya.

Sementara itu Renault pada hari Rabu mengungkapkan rencana ambisius untuk kendaraan listriknya, menggabungkan versi listrik yang terjangkau dari beberapa mobil kecil klasiknya karena pembuat mobil Prancis itu ingin mengimbangi Volkswagen di ruang EV Eropa.

Dalam hal aksi harga saham individu, Associated British Foods naik lebih dari 5% setelah meningkatkan prospek setahun penuh rantai ritel andalannya Primark.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan real estate Luksemburg Grand City Properties turun 3,3% setelah pengumuman dividen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik dengan optimisme pemulihan ekonomi setelah data Markit Manufacturing PMI meningkat dan data jobless claim AS terealir menurun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here