Inflasi Amerika Serikat Melonjak Tinggi, Terbesar Dalam 13 Tahun

1063
wall street

(Vibiznews – Economy) – Indeks harga konsumen yang menunjukkan tingkat inflasi di AS mengalami kenaikan bulanan terbesar dalam tiga belas tahun di bulan Juni, menurut laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Selasa (13/7/2021). Kenaikan inflasi tersebut disumbang oleh lonjakan harga mobil bekas dan truk serta makanan.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan indeks harga konsumen melonjak 0,9 persen di bulan Juni setelah naik 0,6 persen di bulan Mei. Para ekonom memperkirakan indeks harga konsumen naik 0,5 persen. Kenaikan harga konsumen yang lebih besar dari perkiraan ini mencerminkan kemajuan terbesar sejak harga melonjak 1,0 persen pada Juni 2008.

United States Inflation Rate

Lonjakan harga mobil bekas dan truk menyumbang lebih dari sepertiga kenaikan harga konsumen, dengan harga mobil bekas dan truk melonjak 10,5 persen. Harga makanan juga meningkat sebesar 0,8 persen di bulan Juni setelah naik 0,4 persen di bulan Mei, sementara harga energi melonjak 1,5 persen setelah tidak berubah di bulan sebelumnya.

Tidak termasuk harga makanan dan energi, harga konsumen inti masih melonjak sebesar 0,9 persen di bulan Juni menyusul kenaikan 0,7 persen di bulan Mei. Harga inti diperkirakan naik 0,4 persen. Kenaikan harga inti mencerminkan lonjakan harga untuk mobil bekas dan truk serta harga yang lebih tinggi untuk kendaraan baru, tarif penerbangan, dan pakaian jadi.

Secara tahunan, tingkat inflasi  meningkat menjadi 5,4 persen pada bulan Juni dari 5 persen pada bulan Mei, mencapai tingkat tertinggi sejak lonjakan yang sama pada bulan Agustus 2008. Demikian untuk harga konsumen inti naik 4,5 persen tahun ke tahun di bulan Juni, mencerminkan percepatan dari lonjakan 3,8 persen di bulan Mei. Harga inti mengalami kenaikan tahunan terbesar sejak November 1991.

Namun terdapat beberapa indeks komponen utama yang turun di bulan Juni seperti  indeks untuk perawatan medis dan indeks untuk perabot rumah tangga.

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here