Dolar AS Naik Seiring Peningkatan Permintaan Safe Haven

576

(Vibiznews – Forex) Dolar AS bergerak naik seiring meningkatnya permintaan safe haven dengan melonjaknya kasus virus corona pada hari Kamis (15/07).

Dolar AS naik sekitar sekitar 0,3% terhadap dolar Australia dan pound Inggris dan naik sekitar 0,1% terhadap euro.

Kota-kota dari Seoul hingga Sydney dikunci karena varian delta yang menular. Tingkat infeksi meningkat di Amerika Serikat, Singapura melaporkan lonjakan kasus tertajam dalam 10 bulan pada hari Kamis.

Safe-haven yen naik secara luas, dan terakhir naik 0,1% pada 109,86 per dolar dan mendekati pengujian puncak multi-bulan di 129,91 per euro.

Inggris berencana untuk mencabut hampir semua pembatasan terkait Covid pada hari Senin, bahkan ketika kasus meningkat. Sterling mencerminkan beberapa kegelisahan tentang prospek kegagalan, dan jatuh di bawah rata-rata pergerakan 20 hari menjadi $ 1,3829.

Powell kembali ke Capitol Hill pada hari Kamis untuk kesaksian lebih lanjut di hadapan Kongres, menyusul pernyataan yang menggulingkan dolar dari level tertinggi tiga bulan pada euro pada hari Rabu.

Dia telah meredakan kekhawatiran kenaikan suku bunga dengan mengatakan inflasi yang tinggi tampaknya terkait dengan pembukaan kembali ekonomi AS, bahwa akan menjadi kesalahan untuk bertindak sebelum waktunya dan bahwa kondisi ekonomi untuk mengurangi pembelian obligasi “masih jauh”.

Indeks dolar terakhir stabil di 92.434.

Dolar Aussie juga mengabaikan angka yang menunjukkan pengangguran turun ke level yang terakhir terlihat di tengah ledakan pertambangan satu dekade lalu – dengan para pedagang gugup setelah laporan bahwa Melbourne akan bergabung dengan Sydney di bawah penguncian.

Dolar Kanada juga melemah pada hari Kamis – dengan bantuan dari pelemahan harga minyak – meskipun Bank of Canada semakin mengurangi dukungan kebijakannya pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS bergerak naik dengan meningkatnya permintaan safe haven. Malam nanti jika data jobless claim AS terealisir menurun, akan menguatkan dolar AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here