Nikkei 18 Agustus Rebound oleh Kuatnya Data Ekspor Jepang

428

(Vibiznews – Indeks) – Kerugian perdagangan di bursa saham Jepang tidak berlanjut  pada  hari Rabu (18/8/2021), dikarenakan sentimen investor pulih dan bangkit kembali merespon data ekspor Jepang dan inventori bisnis AS. Indeks Nikkei rebound dari  posisi terendah 2 pekan setelah melemah selama 4 sesi berturut.

Ekspor Jepang tumbuh untuk bulan kelima berturut-turut dari pertumbuhan dua digit pada bulan Juli, didorong oleh  pengiriman mobil ke Amerika Serikat; sementara impor naik selama enam bulan berturut-turut. Karenanya neraca perdagangan cetak surplus setelah bulan sebelumnya defisit.

Kemudian terdapat laporan ekonomi yang positif yang menambah sentimen yaitu data persediaan bisnis AS naik untuk 12 bulan berturut-turut di bulan Juni dan sejalan dengan konsensus pasar.

Berita Nikkei lainnya di Telegram Vibiznews

Indeks harian Nikkei ditutup  naik 46 poin atau 0,59% lebih tinggi menjadi 27.585,91. Demikian untuk indeks Topix naik 0,44% menjadi 1.923,97. Demikian indeks Nikkei berjangka bulan September 2021 bergerak  positif  dengan naik 240 poin atau 0,88% ke posisi 27600.

Kenaikan Nikkei banyak di-support oleh saham-saham defensif yang tidak terpengaruh dengan kondisi ekonomi global seperti saham farmasi, saham Astellas Pharma naik 2,1% dan saham Chugai Pharmaceutical naik 1,1%. Selain itu diperkuat oleh saham Nissan Chemical Corp dan saham Toho Zinc Co Ltg masing-masing naik 3,4% dan 3,3%, saham Fujifilm naik 3,3% ke rekor tertinggi yang memperpanjang reli sejak pendapatan cepatnya diumumkan pada hari Jumat.

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here