Imbal Hasil Treasury AS Turun Menantikan Laporan Tenaga Kerja

620

(Vibiznews – Bonds) Imbal hasil obligasi bergerak sedikit lebih rendah pada hari Senin (30/08) karena investor menantikan laporan pekerjaan yang sangat penting pada hari Jumat.

Imbal hasil Treasury 10-tahun sedikit turun menjadi 1,299% di awal perdagangan, sementara imbal hasil obligasi Treasury 30-tahun merosot menjadi 1,909%.

Pasar tenaga kerja menjadi fokus menjelang laporan pekerjaan Agustus yang akan memainkan peran utama dalam menentukan kapan dan bagaimana Federal Reserve akan mulai melepaskan program obligasinya.

Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan 750.000 pekerjaan diciptakan pada Agustus dan tingkat pengangguran turun menjadi 5,2%.

Ketua Fed Jerome Powell Jumat lalu mengakui bahwa bank sentral bertujuan untuk mengurangi program pembelian obligasi $ 120 miliar per bulan tahun ini, tetapi menekankan perlunya data ketenagakerjaan yang lebih kuat sebelum keputusan lebih lanjut akan dibuat.

Imbal hasil Treasury 10-tahun telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir tetapi masih jauh di bawah level tertinggi dari awal tahun ini.

Investor akan mengamati data lebih lanjut dalam minggu ini, termasuk kepercayaan konsumen pada hari Selasa dan rilis data manufaktur Institute for Supply Management pada hari Rabu dan data penggajian sektor swasta ADP, yang dilihat sebagai semacam pratinjau untuk laporan pekerjaan pemerintah hari Jumat.

Saham berjangka A.S. stabil dalam perdagangan semalam pada hari Minggu, meskipun diharapkan saham A.S. dapat tetap terikat kisaran sampai rilis laporan pekerjaan Agustus.

Pekan lalu, S&P 500 dan Nasdaq Composite ditutup pada level tertinggi sepanjang masa pada hari Jumat di tengah kelegaan investor setelah Powell memberi sinyal bahwa pengurangan obligasi akan dimulai tahun ini. Namun, bank sentral tampaknya tidak terburu-buru menaikkan suku bunga.

Lelang untuk tagihan Treasury AS 3 bulan dan 6 bulan dijadwalkan pada hari Senin. Data kepercayaan konsumen untuk Agustus akan diterbitkan Selasa, bersama dengan indeks manajer pembelian Chicago dan indeks harga rumah untuk Juni.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan imbal hasil Treasury AS akan mencermati data ketenagakerjaan AS yang dirilis minggu ini. Jika hasil data tenaga kerja membaik, akan menguatkan imbal hasil Treasury AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here