Bursa Hong Kong Ditutup Naik; Saham Properti Melonjak

620
indeks hang seng

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Hong Kong naik untuk sesi ketiga berturut-turut pada hari Kamis, terdukung harapan bahwa penurunan inflasi pabrik di China dapat memungkinkan lebih banyak ruang untuk stimulus, sementara perusahaan properti melonjak karena kekhawatiran di sekitar China Evergrande Group mereda.

Indeks Hang Seng ditutup naik 257,99 poin, atau 1,08%, ke 24.254,86. Ini telah naik 2,05% minggu ini di tengah reli global di tengah harapan bahwa varian Omicron dari virus corona tidak separah yang ditakuti sebelumnya.

Indeks Hang Seng China Enterprises (.HSCE) naik 1,58% menjadi 8.657,77.

Sub-indeks Hang Seng tracking saham energi (.HSCIE) naik 0,5%, sedangkan sektor IT (.HSCIIT) naik 1,37%, dan sektor keuangan (.HSNF) berakhir 0,3% lebih tinggi.

Inflasi pabrik China sedikit mendingin pada bulan November, berpotensi memberi pembuat kebijakan beberapa keleluasaan untuk melepaskan lebih banyak stimulus.

Sektor properti (.HSNP) naik 2,1% dan sub-indeks yang melacak pengembang daratan (.HSMPI) melonjak 3,29% karena harapan restrukturisasi utang terkelola di pengembang China Evergrande Group (3333.HK) menenangkan kekhawatiran perusahaan yang berantakan runtuh setelah melewatkan tenggat waktu pembayaran utang minggu ini.

Hak-hak pemegang saham dan kreditur Evergrande akan “dihormati sepenuhnya” berdasarkan senioritas hukum mereka, kata gubernur bank sentral Yi Gang.

Pengembang kecil Kaisa Group Holdings Ltd (1638.HK) telah mulai bekerja untuk merestrukturisasi utang luar negeri senilai $12 miliar, sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan, setelah melewatkan pembayaran obligasi minggu ini. Baca selengkapnya

Saham Kaisa ditangguhkan dari perdagangan pada hari Kamis. Saham Evergrande naik 4,05% hari ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Hong Kong akan mencermati pergerakan bursa Wall Street, yang jika data jobless claim terealisir turun, akan mengangkat bursa Wall Street. Jika bursa Wall Street menguat akan memberikan sentimen positif bagi bursa Hong Kong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here