Bursa Wall Street Ditutup Rendah; Pernyataan Kebijakan The Fed Menjadi Fokus

631
Bursa Wall Street - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Index) Bursa saham AS pada hari Selasa berakhir lebih rendah untuk hari kedua, dengan S&P 500 dan Nasdaq 100 jatuh ke posisi terendah 1 minggu. Kelemahan dalam saham teknologi pada hari Selasa membebani pasar secara keseluruhan. Juga, saham bergerak lebih rendah di tengah tanda-tanda meningkatnya tekanan harga AS yang dapat mendorong The Fed untuk mengetatkan kebijakan moneter lebih cepat dari yang diperkirakan setelah PPI November AS naik pada rekor kecepatan tahun-ke-tahun.

Indeks S&P 500 ditutup turun -0,75%, Indeks Dow Jones Industrials ditutup turun -0,30%, dan Indeks Nasdaq 100 ditutup turun -1,04%.

Permintaan akhir PPI November AS naik +0,8% m/m dan +9,6% y/y, lebih kuat dari ekspektasi +0,5% m/m dan +9,2% y/y. Peningkatan +9,6% y/y adalah yang terbesar dalam sejarah yang memiliki data kembali ke 2010.

PPI Nov AS ex-food & energy naik +0,7% m/m dan +7,7% y/y, lebih kuat dari ekspektasi +0,4% m/m dan +7,2% y/y. Peningkatan +7,7% y/y adalah yang terbesar dalam sejarah yang memiliki data kembali ke 2010.

Kelemahan dalam saham teknologi pada hari Selasa membebani pasar secara keseluruhan setelah JPMorgan Chase menurunkan peringkat saham perangkat lunak. Adobe (ADBE) ditutup turun lebih dari -6% untuk memimpin pecundang di S&P 500 dan Nasdaq 100 setelah JPMorgan Chase memangkas rekomendasinya pada saham menjadi netral dari kelebihan berat badan. Selain itu, Cloudflare (NET) ditutup turun lebih dari -8%, dan Datadog (DDOG) ditutup turun lebih dari -6% setelah JPMorgan Chase memangkas rekomendasinya pada saham menjadi underweight dari netral. Saham teknologi lainnya jatuh serta Microsoft (MSFT), Align Technology (ALGN), dan Zebra Technologies (ZBRA) semuanya ditutup turun lebih dari -3%.

Saham solar turun Selasa setelah regulator California mengusulkan pemotongan tajam subsidi dan menambahkan biaya baru untuk pengguna rumah solar. Sunrun (RUN) ditutup turun lebih dari -15%, Enphase Energy (ENPH) ditutup turun lebih dari -5%, dan SolarEdge Technologies (SEDG) ditutup turun -2%.

Ralph Lauren (RL) ditutup turun lebih dari -2% pada hari Selasa setelah Goldman Sachs memotong rekomendasinya pada saham untuk menjual dari beli.

Centene (CNC) ditutup naik lebih dari +4% pada hari Selasa untuk memimpin kenaikan di S&P 500 setelah Mizuho Securities menaikkan target harga saham menjadi $78 dari $70.

Alcoa (AA) ditutup naik lebih dari +5% pada hari Selasa pada pengumuman bahwa ia akan bergabung dengan Indeks S&P Midcap 400 sebelum perdagangan dibuka pada 20 Desember.

Beyond Meat (BYND) ditutup naik lebih dari +9% pada hari Selasa setelah Piper Sandler meningkatkan stok menjadi netral dari underweight, mengatakan peluncuran AS di McDonald’s tampaknya akan datang terlambat pada Q1 tahun 2022, “lebih awal dari yang kami perkirakan.”

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan mencermati hasil pertemuan kebijakan The Fed dan pernyataan The Fed. Jika pernyataan kebijakan The Fed memberikan sinyal waktu bagi pengurangan pembelian obligasi dan kenaikan suku bunga AS lebih cepat, akan menekan bursa Wall Street.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here