Bursa Eropa 30 Desember Mixed, Indeks Saham Inggris Turun dari Tertinggi 22 Tahun

594
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Eropa dibuka mixed dalam sesi perdagangan pada hari Kamis (30/12/2021), di tengah volume perdagangan yang tipis jelang akhir tahun. Sebagian besar investor tetap optimis bahwa varian omicron akan berdampak kecil pada pemulihan global.

Bursa saham Inggris yang dibuka pada posisi tertinggi 22-tahun yang dicapai sesi sebelumnya terpantau bergerak negatif setelah sempat naik lebih tinggi dari rekor tersebut. Sentimen dipengaruhi oleh data harga rumah nasional Inggris dengan  kenaikan 1% lebih cepat, dimana  16% lebih tinggi dari tingkat pra-pandemi.

Bursa saham Jerman terkoreksi dari penguatan tertinggi dalam 5 pekan dengan indeks DAX Jerman  turun 17 poin atau 0,11% ke posisi 15843.

Bursa saham Perancis bergerak rally ke posisi rekor tertinggi sepanjang masa dengan indeks  CAC 40  menguat 0,2%  pada level 7.180  di tengah volume perdagangan yang rendah. Sentimen dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah dalam penanganan covid,  Perdana Menteri Jean Castex menghindari penguncian atau jam malam selama tahun baru. Sementara itu, otoritas kesehatan mempertimbangkan untuk mengubah izin kesehatan negara menjadi izin vaksinasi, dalam upaya untuk mencegah penguncian.

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here