Inflasi Zona Eropa Desember Naik Mencetak Rekor Tertinggi

834
Brugge - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Inflasi zona Eropa mencapai rekor tertinggi baru pada bulan Desember. Data awal menunjukkan pada hari Jumat bahwa tingkat inflasi utama mencapai 5% untuk bulan tersebut, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi yang pernah ada dan mengikuti rekor tertinggi sepanjang masa November sebesar 4,9%.

Kenaikan inflasi sebagian besar disebabkan oleh harga energi yang lebih tinggi.

Inflasi telah menjadi sorotan setelah kenaikan berturut-turut dalam beberapa bulan terakhir, dengan munculnya perdebatan apakah Bank Sentral Eropa harus mengambil sikap yang lebih agresif untuk memerangi kenaikan harga.

Bank sentral mengatakan bulan lalu bahwa mereka akan memotong pembelian aset bulanannya, tetapi berjanji untuk melanjutkan tingkat stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2022.

ECB menyatakan akomodasi moneter masih diperlukan agar inflasi stabil pada target inflasi 2% dalam jangka menengah. Perkiraannya yang diperbarui pada bulan Desember, menempatkan inflasi utama pada 1,8% pada tahun 2023 dan 2024. Namun ECB memperkirakan tingkat tersebut akan melampaui target bank pada tahun 2022, sebesar 3,2%.

Para ekonom berpendapat bahwa pandemi dan inflasi adalah salah satu risiko terbesar bagi kinerja ekonomi pada tahun 2022.

Mereka menambahkan bahwa ECB dapat mempersiapkan landasan untuk kenaikan pertama pada musim semi 2023.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here