Dolar AS Merosot Terendah Sejak November; Data Inflasi AS Dinantikan

793

(Vibiznews – Forex) Dolar AS merosot ke level terlemahnya sejak pertengahan November terhadap mata uang utama pada hari Rabu, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan mungkin perlu beberapa bulan untuk membuat keputusan tentang menurunkan neraca $9 triliun bank sentral.

Dalam kesaksian pada sidang pencalonannya pada hari Selasa, Powell mengatakan ekonomi AS siap untuk suku bunga yang lebih tinggi dan pengurangan kepemilikan asetnya untuk memerangi inflasi. Namun dia mengatakan para pembuat kebijakan masih memperdebatkan pendekatan untuk mengurangi neraca The Fed, dan terkadang dibutuhkan dua, tiga atau empat pertemuan bagi mereka untuk membuat keputusan seperti itu.

Komentar Powell kurang hawkish dibandingkan beberapa rekannya, menghilangkan kekhawatiran pasar akan pengetatan kebijakan moneter secara tiba-tiba.

Indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap enam mata uang utama, merosot ke 95,543 di sesi Asia, terendah sejak 18 November.

Data inflasi konsumen AS akan dirilis Rabu Malam, dengan indeks harga konsumen utama terlihat mencapai 7% tahun-ke-tahun, meningkatkan sinyal untuk kenaikan suku bunga lebih awal.

Pasar uang saat ini memberi harga sekitar 85% peluang kenaikan suku bunga pada bulan Maret, dan total setidaknya tiga kenaikan hingga akhir tahun.

Dolar Australia, sering dianggap sebagai proxy likuid untuk selera risiko, menyentuh level tertinggi dalam hampir seminggu di $0,72195.

Poundsterling naik menjadi $ 1,3645 untuk pertama kalinya sejak 4 November.

Euro diperdagangkan mendekati puncak kisarannya dalam dua bulan terakhir di $1,13755. Kenaikan di atas $1,1387 akan membawanya ke level tertinggi sejak pertengahan November.

Terhadap yen, dolar pulih ke 115,340, dari terendah satu minggu di 115,045 pada awal minggu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan dolar AS akan bergerak naik jika rilis data inflasi AS malam ini terealisir meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here