Inflasi AS Januari Melonjak Tertinggi 40 Tahun

382
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi tahunan di AS meningkat menjadi 7,5% pada Januari 2022, tertinggi sejak Februari 1982 dan jauh di atas perkiraan pasar sebesar 7,3%, karena melonjaknya biaya energi, kekurangan tenaga kerja, dan gangguan pasokan ditambah dengan permintaan yang kuat membebani.

Energi tetap menjadi kontributor terbesar (27% vs 29,3% pada Desember), dengan harga bensin melonjak 40% (49,6% pada Desember). Inflasi dipercepat untuk tempat tinggal (4,4% vs 4,1%); makanan (7% vs 6,3%), yaitu makanan di rumah (7,4% vs 6,5%); kendaraan baru (12,2% vs 11,8%); mobil dan truk bekas (40,5% vs 37,3%); dan layanan perawatan medis (2,7% vs 2,5%).

Harga konsumen melonjak lebih dari yang diperkirakan selama 12 bulan terakhir, menunjukkan prospek inflasi yang memburuk dan memperkuat kemungkinan kenaikan suku bunga yang substansial tahun ini.

Pasar saham berjangka turun setelah laporan tersebut, dengan saham teknologi yang sensitif terhadap suku bunga terpukul sangat keras. Imbal hasil obligasi pemerintah naik tajam, dengan benchmark Treasury 10-tahun menyentuh 2%, tertinggi sejak Agustus 2019.

Pasar juga menjadi lebih agresif dalam kenaikan suku bunga ke depan.

Peluang kenaikan suku bunga Fed 0,5 poin persentase pada bulan Maret naik menjadi 44,3% setelah rilis data, dibandingkan dengan 25% sebelumnya, menurut data CME. Peluang kenaikan seperempat poin persentase keenam tahun ini naik menjadi sekitar 63%, dibandingkan dengan sekitar 53% sebelum rilis.

Angka inflasi berada di persimpangan jalan bagi ekonomi AS, dengan laju pertumbuhan yang cepat pada tahun 2021 diperkirakan akan melambat tahun ini karena stimulus fiskal dan moneter memudar. Pertumbuhan masih diperkirakan berada di atas tren, meskipun kenaikan suku bunga yang lebih tajam dari Fed yang melawan inflasi dapat terbukti merepotkan.

Secara persentase, bahan bakar minyak naik paling tinggi di bulan Januari, melonjak 9,5% sebagai bagian dari peningkatan 46,5% tahun-ke-tahun. Biaya energi secara keseluruhan naik 0,9% untuk bulan tersebut dan 27% pada tahun ini.

Biaya kendaraan, yang telah menjadi salah satu kontributor inflasi terbesar sejak mulai melonjak lebih tinggi pada musim semi 2021, datar untuk model-model baru dan naik 1,5% untuk mobil dan truk bekas di Januari. Kedua kategori telah membukukan kenaikan masing-masing 12,2% dan 40,5% selama 12 bulan terakhir.

Biaya tempat tinggal, yang membentuk sekitar sepertiga dari total jumlah CPI, meningkat 0,3% pada bulan tersebut, yang merupakan kenaikan terkecil sejak Agustus 2021 dan sedikit di bawah kenaikan Desember. Namun, kategorinya naik 4,4% selama tahun lalu dan dapat menjaga pembacaan inflasi tetap tinggi di masa depan.

Biaya makanan melonjak 0,9% untuk bulan ini dan naik 7% selama setahun terakhir.

Ledakan inflasi telah membungkam pertumbuhan pendapatan yang cukup besar yang telah dilihat para pekerja. Penghasilan per jam rata-rata riil naik hanya 0,1% untuk bulan tersebut, karena kenaikan upah bulanan 0,7% hampir sepenuhnya terhapus oleh kenaikan inflasi 0,6%.