Bursa Eropa Akhir Pekan Pulih, Gain DAX Jerman Dibayangi Kontraksi Data PDB

457
Grote Markt Brussels - Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Eropa perdagangan hari Jumat (25/2/2022) dibuka dalam zona hijau, dengan indeks utama rebound dari posisi terendah 1 tahun untuk bursa Jerman dan bursa Inggris dari terendah 9 minggu. Indeks mendapat penguatan dari aksi bargain hunting saham-saham yang harganya rendah.

Namun, kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan di Eropa timur terus mendominasi sentimen pasar setelah Rusia bergerak untuk meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina.

Penguatan indeks utama banyak disumbang oleh kekuatan saham keuangan dan penambang , karena investor mencerna sanksi baru yang dikenakan oleh negara-negara Barat pada ekonomi Rusia tetapi itu tidak menargetkan ekspor minyak Rusia dan tidak memblokir akses Rusia ke jaringan pembayaran global SWIFT.

DI bursa Inggris, maskapai berbiaya rendah Wizz Air melonjak lebih dari 6% menyusul berita bahwa pihaknya bermaksud untuk menyelamatkan staf Ukraina dan memulihkan jetnya yang terdampar di Ukraina, sementara pemilik British Airways IAG mengatakan sekarang menghindari wilayah udara Rusia.

Penguatan bursa saham Jerman dibayangi  rilis data PDB yang lemah, Ekonomi Jerman mengalami kontraksi 0,3% per kuartal dalam tiga bulan terakhir tahun 2021, jauh lebih kecil dari perkiraan awal penurunan 0,7%. Namun, itu tetap menjadi penurunan pertama dalam PDB dalam tiga kuartal, karena gelombang keempat Covid-19 dan penguatan pembatasan lainnya.

Indeks utama bursa Eropa atau Pan European Stoxx 600 bergerak positif dengan naik 3.25 poin atau 0,74 persen menjadi 442,21. Indeks bursa saham Jerman atau DAX Jerman menguat 0,09 persen, indeks bursa saham Perancis atau CAC 40 menguat 0,21 persen dan indeks bursa Inggris atau FTSE 100 naik 1,11 persen.

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting