Bursa Eropa 11 Maret Cetak Gain, Saham Inggris Diperkuat Data PDB

585
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Eropa  akhir pekan bergerak kuat pada perdagangan hari Jumat (11/3/2022) dengan bursa Inggris paling menunjukkan gain yang lebih besar. Semua indeks utama terpantau bergerak di zona positif di tengah kewaspadaan investor tentang eskalasi sanksi terhadap Rusia dan kemungkinan akhir awal pembelian aset ECB.

Amerika Serikat bersama dengan sekutu G7 serta Uni Eropa dilaporkan akan menghapus status “negara paling disukai” Rusia, sehingga membuka jalan bagi tarif beberapa barang Rusia nantinya.

Sentimen investor membaik oleh laporan ekonomi yang mengesankan seperti data PDB Inggris yang ekspansif dari kontraksi periode sebelumnya, dimana ekonomi Inggris tumbuh sebesar 0,8%  pada Januari 2022, rebound dari penurunan 0,2% pada bulan sebelumnya, pertumbuhan terkuat dalam 7 bulan.

Selain itu, output industri dan konstruksi juga mengalahkan ekspektasi pasar bulan lalu. Momentum ekonomi yang kuat di tengah melonjaknya inflasi memperkuat kasus untuk kenaikan suku bunga lain oleh Bank of England minggu depan, meskipun kondisi perang di Ukraina melukiskan gambaran suram untuk periode bulan-bulan mendatang.

Indeks utama bursa Eropa atau Pan European Stoxx 600 bergerak positif dengan naik 4,67 poin atau 1,09  persen menjadi 431,79. Indeks bursa saham Jerman atau DAX Jerman menguat  1,29 persen, indeks bursa saham Perancis atau CAC 40 menguat  0,5 persen dan indeks bursa Inggris atau FTSE 100 kini bergerak positif dengan menguat  1,1%.

 

 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting