Hang Seng 8 April Rebound oleh Lonjakan Saham Properti

715
indeks hang seng
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong berhasil hentikan pelemahan 2 hari berturut pada perdagangan hari Jumat (8/4/2022) mengikuti gain bursa Asia lainnya. Indeks Hang Seng juga rebound posisi pelemahan 2 pekan yang dicapai pada awal sesi, namun secara mingguan alami kontraksi dari pekan sebelumnya.

Kekuatan Hang Seng akhir pekan didukung oleh ekspektasi langkah-langkah pelonggaran kebijakan lebih lanjut untuk mencapai target pertumbuhan sekitar 5,5% tahun ini dan mendukung perlambatan ekonomi yang terkena wabah COVID-19 terburuk di negara itu dalam dua tahun.

Secara mingguan Hang Seng tertekan oleh berlanjutnya lockdown di Shanghai karena meningkatnya penyebaran infeksi covid-19 dan juga prospek kenaikan suku bunga bank sentral AS yang agresif merespon risalah pertemuan FOMC terbaru dan pernyataan dari beberapa pejabat the Fed minggu ini.

Indeks harian Hang Seng ditutup naik 63 poin atau 0,3% menjadi 21.872,01. Namun untuk indeks saham Cina Enterprise (HSCE) dengan 60 saham unggulan berakhir turun 0,1% menjadi 7.490,37. Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan Mei 2022 bergerak positif dengan menguat 128 poin atau 0,59% ke posisi 21930.

Secara sektoral,  keuntungan indeks disupport oleh kekuatan saham pengembang real estat yang melonjak 2,7%, saham perusahaan keuangan naik 1,3%, dan saham teknik konstruksi melonjak 4,1%.

Pergerakan sebaliknya terjadi pada saham raksasa teknologi yang turun 1,2% di tengah kekhawatiran atas hubungan China-AS, seperti saham  Alibaba Group, Meituan dan Tencent Holdings turun antara 1,3% dan 1,8%.